Ingin Kaya Raya? Coba Tiru Cara Mengelola Keuangan ala Warren Buffett
Gaya Hidup

Saran Terbaik Produktivitas dari Warren Buffet: Aturan 5/25

  • Flint mendiskusikan kariernya dengan Buffet dan Buffet menyuruhnya untuk menuliskan 25 prioritas profesionalnya.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Warren Buffet dihormati karena kecerdasaannya dalam berbisnis. Ia mampu membuat keputusan-keputusan brilian sepanjang kariernya. Hal ini membuat banyak orang yang meminta nasihat karier kepadanya.

Tak terkecuali Mike Flint, pilot pribadi Buffet. Mike sebelum bekerja dengan Buffet telah menerbangkan empat presiden di Air Force One. Dari pengalamannya inilah ia menyadari bahwa hanya sedikit orang-orang yang benar-benar sukses. Akhirnya ia yang penasaran tak bisa berhentu untuk bertanya rahasia sukses orang-orang ini. Tak terkecuali dengan Warren Buffet.

Saat memiliki kesempatan, Flint mendiskusikan kariernya dengan Buffet dan Buffet menyuruhnya untuk menuliskan 25 prioritas profesionalnya. Segera setelah Flint selesai melakukannya, Buffet menyuruhnya untuk melingkari 5 hal terpenting.

Akhirnya, Flint melingkari 5 tujuan karier teratasnya. Akibatnya, pilot kepresidenan ini sekarang memiliki dua daftar yaitu daftar yang berisi 25 tujuan bernama daftar-B dan daftar yang berisi 5 tujuan teratas bernama daftar-A.

Paham arah diskusi, Flint mencoba meyakinkan Buffer bahwa daftar-A akan menjadi fokus utamanya dan dia akan berfokus juga kepada daftar-B jika ia menganggap tujuan-tujuan di daftar-B layak untuk mendapatkan waktu dan tenaganya.

Namun Buffet dengan tegas menyatakan bahwa Flint salah. Karena semua tujuan yang ada di daftar-B tidak akan mendapatkan waktu dan tenaga Flint, Buffet dengan singkat memberi tahu sahabatnya bahwa ia harus benar-benar berfokus untuk mencapai tujuan karier di daftar-A. Dan memberikan nol perhatian pada daftar-B. Setelah menyelesaikan semua tujuan di daftar-A, Flint dapat mengulangi proses dengan menambahkan tujuan baru ke daftar-B dan memindahkannya ke daftar-A.

Aturan 5/25 dapat diterapkan untuk target pribadi, atau profesional, waktu keluarga, hingga tujuan karier. Aturan ini dapat menjadi teknik yang efektif dan sederhana untuk memprioritaskan semua aspek kehidupan.

Aturan 5/25 membantu Anda untuk berfokus hanya secara sepenuhnya pada tujuan yang benar-benar penting saja, sehingga akan meningkatkan peluang Anda untuk menyelesaikan tujuan tersebut dengan lebih efektif daripada jika Anda melakukan ke 25 tugas secara bersamaan sekaligus.