Suasana di Ndalem Katresnan Bandung.
Gaya Hidup

Sarapan Bubur Jenang Ala Bangsawan di Ndalem Katresnan Bandung

  • Di Kota Bandung, tepatnya Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), ada tempat makan yang menyajikan beragam bubur jenang nikmat bernama Ndalem Katresnan.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

BANDUNG—Manis dan gurih menjadi sensasi yang khas ketika kita mencicipi bubur jenang. Campuran ketan hitam serta candil bisa membuat panganan itu semakin mengundang selera.  Namun, tahukah Anda jika bubur jenang adalah salah satu sarapannya para bangsawan Jawa?

Di Kota Bandung, tepatnya Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), ada tempat makan yang menyajikan beragam bubur jenang nikmat bernama Ndalem Katresnan. Restoran yang identik dengan makanan khas Jawa itu selama ini menjadi jujukan anak kecil hingga orang dewasa. Sederet makanan khas seperti sumsum gula aren, kacang ijo, ketan putih gula aren, mutiara, hingga ketan hitam tersaji di Ndalem Katresnan. 

Selain itu ada menu andalan yaitu Jenang Gendis Ayu. Ada juga beragam makanan ringan hingga berat seperti, nasi Oseng Mercon,  mendoan, pisang goreng hingga singkong Thailand. Pembeli tinggal merogoh kocek sekitar Rp14.000-Rp19.000 untuk mencicipi salah satu menu di restoran tersebut. “Semua menu tanpa bahan pengawet. Jadi makanan yang disajikan hanya bisa dikonsumsi hari itu saja,” ujar pengelola Ndalem Katresnan, Seni, dikutip dari bandung.go.id, Jumat 19 Mei 2023.

Bagaimana dengan sajian minuman? Restoran yang buka pada pukul 07.30-15.00 WIB itu menyediakan beragam minuman tradisional seperti teh teko gula batu, wedang uwuh, wedang jahe hingga kopi susu gula aren. “Kami buka tiap hari. Kalau ramai itu jam sarapan, pagi-pagi. Ada yang sedang olahraga mereka menyempatkan untuk sarapan di sini,” ujarnya. 

Obati Kerinduan

Pemiliki Ndalem Katresnan, Irma, mengungkapkan restorannya beroperasi sejak Oktober 2021 lalu. Irma yang menyukai kuliner kemudian mencoba mengenalkan beragam makanan khas Jawa di tanah Sunda. Irma yang asli Jogja menyebut orang Jawa sebelumnya kesulitan mencari makanan tradisional seperti jenang di Bandung. “Kami sekalian mau mengenalkan dan melestarikan jajanan ini ke warga Bandung. Ingin juga mengobati kerinduan perantau dari Yogya khususnya yang ada di Bandung”" bebernya.

Ndalem Katresnan sendiri memiliki sejumlah cabang seperti Yogya Sumbersari Junction, Yogya Mekarwangi, Yogya Junction 8, Griya Taman Kopo Indah dan Griya Pasteur. Penasaran dengan sensasi bubur jenang ala bangsawan? Yuk cicipi di Ndalem Katresnan!