<p>Peluncuran MotionBanking dan MotionPay/ Sumber: MNC Bank</p>
Korporasi

Sasar Masyarakat Pelosok, MotionBanking Milik Grup MNC Gandeng Pos Indonesia

  • JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) bersama PT MNC Teknologi Nusantara, entitas usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) bekerjasama dengan PT Pos I
Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) bersama PT MNC Teknologi Nusantara, entitas usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) untuk mengembangkan layanan setor tunai dan tarik tunai di seluruh kantorpos dan aplikasi Pospay milik perusahaan pelat merah itu.

Manajemen BABP menyebut bahwa kolaborasi ini merupakan upaya strategis MotionBanking dan MotionPay untuk menjangkau masyarakat unbanked dan underbanked dengan menyediakan layanan aman dan terpercaya yang dekat dari tempat tinggalnya.

Sehingga, para pengguna dapat melengkapi kebutuhan finansial sekaligus memberikan kenyamanan perbankan. Pos Indonesia sendiri memiliki jaringan yang luas dengan 4.524 kantorpos di seluruh Indonesia, tersebar hingga ke pelosok nusantara. 

Direktur Utama Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan kolaborasi ini semakin melengkapi berbagai layanan yang dapat diberikan oleh perseroan kepada seluruh masyarakat Indonesia, seperti pengiriman barang, membayar berbagai tagihan, termasuk setor dan tarik tunai bagi nasabah MotionBanking.

“Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan inklusi keuangan hingga ke seluruh wilayah Republik Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi, Rabu, 29 September 2021.

COO MotionBanking, Teddy Tee meyakini kerja sama ini menjadi langkah penting untuk mengakomodasi kebutuhan perbankan masyarakat di daerah pelosok. Dalam hal ini, MotionBanking memposisikan diri sebagai game changer dalam perkembangan bank digital, terutama di daerah terpencil. 

Ia menjelaskan, fitur setor dan tarik tunai tanpa kartu ini menjadi pendorong user acquisition dari kalangan unbanked dan underbanked yang masih mendominasi hingga lebih dari 70% masyarakat Indonesia. 

“BABP dengan dukungan MNC Media akan terus mendorong literasi keuangan hingga ke seluruh Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan,” imbuhnya.

Selain dengan MotionBanking, pada kesempatan yang sama Pos Indonesia juga melakukan penandatanganan dengan Grup MNC untuk mempererat kerja sama dengan berbagai bisnis unit konglomerasi milik Harry Tanoesoedibjo tersebut.

Adapun kerja sama Grup MNC dan Pos Indonesia di antaranya layanan setor dan tarik tunai untuk pengguna MotionBanking dan MotionPay. Kedua, layanan pengiriman kurir dan logistik pada unit bisnis e-commerce Grup MNC.

Kemudian, integrasi Pos Indonesia dengan aplikasi MotionCredit, sinergi layanan aplikasi Agenpos, Pospay, dan Pos Aja! di UMKM binaan Grup MNC, serta eksplorasi peluang sinergi lainnya pada tiap lini bisnis Grup MNC dan Pos Indonesia.