<p>Seorang lansia tengah menjalani vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN (Dokumentasi Kementerian BUMN)</p>
Nasional

Satgas COVID-19 Sebut Kasus Penularan Mendatar, Minta Indonesia Tetap Waspada

  • uru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan perkembangan kasus Corona di Indonesia hingga 3 Mei 2021 cukup baik dari bulan-bulan lalu.

Nasional
Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan perkembangan kasus Corona di Indonesia hingga 3 Mei 2021 cukup baik dari bulan-bulan lalu.

Penambahan kasus positif COVID-19 per 3 Mei 2021 sebanyak 4.730 kasus. Angka tersebut, menurut Wiku, telah mengalami penurunan 10.000 dari beberapa bulan sebelumnya.

“Sekarang memang kondisinya relatif cukup baik di per tanggal 3 Mei kemarin penambahan kasus positifnya adalah 4.730, di level 4.000, padahal beberapa bulan yang lalu sempat lebih 14.000, jadi sudah menurun 10.000,” kata Wiku pada acara Radio Talk bersama Kemenkes, Selasa 4 Mei 2021.

Wiku juga mengatakan, jumlah kasus aktif COVID-19 sudah mencapai 100.000 kasus atau 6%. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan kasus aktif global sebesar 12,7%.

Namun, Wiku mengatakan, meski kasus COVID-19 cukup membaik, saat ini masih masuk kategori mendatar sehingga pergerakan kasus bisa naik dan turun.

“Indonesia (kasus COVID-19) sedang mendatar, kondisi ini sangat dinamis bisa berubah. Kalau mendatar itu bukan menggembirakan, kalau mendatar berarti penurunan kasus aktif berkurang, jadi kita harus hati-hati dan waspada,” ujar dia.

Lebih lanjut, setiap unsur pada masyarakat termasuk pemerintah harus terlibat dalam pengendalian kasus COVID-19.

Pemerintah sudah menerapkan beberapa kebijakan berlapis dalam upaya menekan penularan virus Corona antara lain membatasi pelaku perjalanan internasional, membatasi perjalanan dalam negeri, larangan mudik, dan memperpanjang PPKM.

“Kebijakan yang berlapis-lapis itulah, menurut kami yang diantisipasi oleh seluruh masyarakat membuat kondisinya menjadi terkendali seperti sekarang,” kata dia. (RCS)