Fintech

Satoshi Nakamoto, Pencipta Bitcoin ini Tetap Menjadi Hantu

  • Sekitar 13 tahun lalu seseorang atau kelompok yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto merilis sebuah makalah yang menjelaskan sistem perangkat lunak baru yang disebut bitcoin.
Fintech
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Sekitar 13 tahun lalu seseorang atau kelompok yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto merilis sebuah makalah yang menjelaskan sistem perangkat lunak baru yang disebut bitcoin

Hari ini bitcoin bernilai lebih dari US$ 1 triliun dan telah memicu fenomena yang para pendukungnya percaya, mungkin menata ulang seluruh jaringan keuangan global.

Namun, ada misteri di jantung bitcoin. Siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto?

Pada 31 Oktober 2008, Satoshi Nakamoto mengirim makalah sembilan halaman ke sekelompok kriptografer yang menguraikan bentuk baru "uang elektronik" yang disebut bitcoin.

Saat itu tidak ada yang peduli dengan identitas Nakamoto. Sebagian besar orang dalam kelompok itu juga skeptis terhadap ide bitcoin itu sendiri.

Kriptografer dan pengembang seperti Hal Finney, Nick Szabo, David Chaum, dan Wei Dai telah mencoba selama lebih dari satu dekade untuk mengembangkan versi elektronik uang tunai. Semuanya gagal, karena berbagai alasan.

Pada 9 Januari 2009, Nakamoto meluncurkan jaringan bitcoin. Mr Finney adalah salah satu dari sedikit yang tertarik dengannya dan pada minggu-minggu awal keduanya bekerja dari jarak jauh untuk menjalankan jaringan. Transaksi bitcoin pertama beralih dari Nakamoto ke Mr. Finney.

Dikutip dari Wall Street Journal, selama sekitar dua tahun, saat bitcoin perlahan tumbuh, Nakamoto menulis di papan pesan dan secara pribadi bertukar email dengan pengembang. Pada bulan Desember 2010, Nakamoto berhenti memposting secara publik, dan berhenti berbicara dengan pengembang pada tahun 2011. Nakamoto menyerahkan kepemimpinan proyek kepada Gavin Andresen, seorang pengembang perangkat lunak.

Tidak ada yang kita tahu sesuatu tentang Nakamoto sebagai pribadi. Dalam pesan publik, dan bahkan dalam pesan pribadi yang kemudian dirilis, Nakamoto tidak pernah berbicara tentang sesuatu yang bersifat pribadi. Tidak ada biografi, geografi atau hal-hal yang terjadi secara lokal. Semuanya tentang bitcoin dan kodenya.

Nakamoto menggunakan dua alamat email dan satu situs web. Identitas orang yang mendaftarkannya diblokir. Tidak ada informasi publik lainnya. Di zaman di mana sulit untuk tidak disebutkan namanya, Nakamoto tetap menjadi hantu.

Nakamoto sangat kaya

Menurut daftar miliarder real-time Forbes hari ini bitcoin itu bernilai sekitar US$55 miliar. Itu akan menjadikan Nakamoto salah satu dari 30 orang terkaya di dunia.

Diasumsikan bahwa satu juta bitcoin itu dikendalikan oleh Nakamoto. Untuk memindahkannya, seseorang perlu memiliki "sandipribadi". Sebuah untaian huruf dan angka yang panjang dan unik untuk mengontrol akses.

Orang yang bisa memindahkannya inlah yang akan memiliki klaim yang sangat kuat sebagai Nakamoto.

Pada tahun-tahun awal, komunitas cryptocurrency berasumsi bahwa Nakamoto tetap anonim dan membiarkan bitcoin itu tidak tersentuh, terutama karena ketakutan. Tampaknya tidak masuk akal bahwa penemu bitcoin bisa ditangkap. Namun, dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar pemerintah—China sebagai pengecualian besar—telah menerima bitcoin dengan tingkat yang berbeda-beda.

Sudah satu dekade sejak Nakamoto menghilang. Ada kemungkinan pencipta bitcoin meninggal tanpa memberikan kunci pribadi kepada orang lain. Mungkin juga Nakamoto kehilangan password dan tidak dapat memindahkan bitcoin.

Ada yang membantah, ada yang mengklaim

Selama bertahun-tahun hampir semua orang yang bekerja bahkan dari jarak jauh yang mirip dengan bitcoin telah disebut sebagai Nakamoto. Dua di antaranya adalah Finney yang meninggal pada tahun 2014 dan Mr Andresen. Semua telah menyangkalnya, dan belum ada bukti untuk membuktikan sebaliknya.

Pada tahun 2014, sekelompok mahasiswa dan peneliti di Aston University di Birmingham, Inggris, melakukan analisis linguistik dan menyimpulkan bahwa Mr. Szabo kemungkinan besar adalah Nakamoto. Yang lain juga percaya dia adalah Nakamoto juga. Namun Szabo telah membantah klaim tersebut.

Mr. Wright adalah seorang programmer Australia yang tinggal di London pada tahun 2016 mengaku sebagai Nakamoto. Klaimnya dengan cepat dianlisa dan dibantah di komunitas bitcoin. Dia berjanji untuk membuktikan bahwa dia adalah Nakamoto dengan memindahkan beberapa bitcoin awal itu. Namun sampai saat ini, dia belum melakukannya.

Dalam beberapa tahun terakhir Wright telah mencoba mengajukan tuntutan atas klaimnya. Dia telah mengajukan paten pada perangkat lunak bitcoin, meskipun dirilis sebagai proyek sumber terbuka. Dia juga menggugat pembawa acara podcast dengan tuduhan pencemaran nama baik karena secara terbuka mencemooh klaimnya.

Wright sendiri sedang digugat oleh keluarga seorang rekan almarhum bernama Dave Kleiman. Gugatan tersebut mengklaim bahwa Wright dan Kleiman mengembangkan bitcoin bersama sebagai bagian dari kemitraan bisnis dan bahwa Wright berutang kepada keluarga Kleiman setengah dari satu juta bitcoin itu.

Jika hakim menemukan keduanya membuat bitcoin bersama,  Wright dapat dipaksa secara hukum untuk menjual sebagian dari bitcoin tersebut. Tetapi sampai dia melakukannya, kebanyakan orang di dunia bitcoin akan terus menolak klaimnya.

Dan sampai seseorang memindahkan bitcoin itu, tidak mungkin ada orang yang akan diterima sebagai pencipta bitcoin yang sebenarnya.