<p>Pekerja mengisi ulang tabung oksigen medis di salah satu agen isi ulang oksigen di Kawasan Cipondoh, Kota Tangerang, Senin 28 Juni 2021. Permintaan isi ulang dan pembelian tabung oksigen kebutuhan medis rumahan dan rumah sakit terus mengalami peningkatan hingga 100 persen seiring lonjakan kasus COVID-19. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Tekno

Sea Group Induk Shopee Donasi 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin untuk Indonesia

  • Induk usaha Shopee, Sea Group, menyerahkan bantuan 1.000 tabung oksigen dan 1 juta vaksin kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bantuan ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Tekno
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Induk usaha Shopee, Sea Group, menyerahkan bantuan 1.000 tabung oksigen dan 1 juta vaksin kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Bantuan ini diharapkan dapat mempercepat pemulihan pandemi COVID-19 di Indonesia.

“Saya ingin mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif bantuan 1.000 tabung oksigen untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis dalam menanggulangi kenaikan kasus COVID-19,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan resmi, Senin, 12 Juli 2021.

Budi menjelaskan tabung oksigen ini akan didistribusikan bagi wilayah-wilayah di Indonesia, terutama tujuh provinsi di Jawa-Bali yang saat ini sedang mengalami kenaikan kasus.

Sebanyak 1.000 tabung oksigen telah diterima di Pusat Krisis Kemenkes pada 10 Juli 2021, yang kemudian akan disebarluaskan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Berdasarkan data Kemenkes per 5 Juli 2021, total kebutuhan oksigen di Jawa-Bali untuk perawatan intensif dan isolasi pasien COVID-19 mencapai 1.928 ton/hari, sementara kapasitas yang tersedia ada 2.262 ton/hari.

“Kita harus bekerja sama untuk mengalahkan virus ini. Tidak peduli seberapa besar atau kecil kontribusi kita. Saya yakin setiap kita memiliki peran penting, mulai dari pemerintah, perusahaan hingga individu,” ujar Co-founder Sea Group Ye Gang dalam kesempatan yang sama.

Dalam kesempatan ini, Gang juga mengumumkan Shopee akan menjalankan program 1 juta vaksinasi untuk masyarakat Indonesia, bersama dengan Kemenkes dan Pemerintah Daerah.

“Kami berharap inisiatif dari Shopee ini bisa mendorong perusahaan lain untuk turut maju bersama dan mengambil peran dalam perang melawan virus ini,” tambahnya. (LRD)