Sea Group.
Nasional

Sea Group, Korporasi Global yang Mesra dengan Keluarga Jokowi

  • Perusahaan konglomerasi teknologi Sea Group yang berbasis di Singapura ini diketahui memiliki hubungan erat dengan Kota Solo, Jawa Tengah.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Belakangan ini, kedekatan antara Shopee dan keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi topik panas di kalangan masyarakat. Semua berawal dari anak serta menantu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang terbang ke Amerika Serikat menggunakan jet pribadi.

Perdebatan di X semakin memanas kala netizen menghubungkan pesawat Gulfstream G650ER dengan SEA Group, perusahaan induk dari e-commerce raksasa Shopee dan perusahaan game Garena. Perusahaan konglomerasi teknologi Sea Group yang berbasis di Singapura ini diketahui memiliki hubungan erat dengan Kota Solo, Jawa Tengah.

Diketahui, Sea Group melalui berbagai entitasnya, menjadikan Solo sebagai salah satu pusat bisnisnya di Indonesia. Melalui Shopee dan Garena, Sea Group memperkuat ekspansinya di Surakarta.

Sea Group melalui Shopee Indonesia terbilang aktif memperluas operasionalnya di Solo, yang mana menggandeng dan diresmikan oleh Wali Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka. Shopee memiliki dua kantor di Solo, yang semakin mempererat keterkaitannya dengan keluarga presiden.

Terbukti, Shopee meresmikan kantor barunya di Solo Paragon. Hal ini merupakan bagian dari pemulihan ekonomi selama pandemi, dengan tujuan memberikan dukungan berkelanjutan untuk pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal di Solo dan sekitarnya.

Adapun Shopee juga membangun pusat inovasi yang dikenal sebagai Shopee Solo Creative & Innovation Hub terletak di Solo Technopark. Tempat ini menyediakan area khusus bagi pelaku UMKM di Solo untuk bertemu, berdiskusi, berkolaborasi, dan menciptakan berbagai inovasi dalam pengembangan bisnis digital.

Selain Shopee, pengembang game Free Fire Garena, juga mengembangkan pusat inovasi bernama Garena Gaming & Community Hub. Garena meluncurkan pusat ini untuk menarik lebih banyak komunitas di Solo.

Kemudian, hal tersebut merembet hingga keterlibatan Gang Ye dalam politik Indonesia, khususnya dalam Pilpres 2024. Spekulasi muncul karena adanya hubungan antara aktivitas bisnis Sea Ltd. dan Gibran Rakabuming Raka.

Terkait kedekatan Sea Group dan keluarga Raja Jawa, lantas seperti apa profil Sea Group?

Profil Sea Group

Siapa yang tidak kenal dengan e-commerce raksasa Shopee? Marketplace populer dengan warna oranye ini bisa dibilang rival berat dari Tokopedia. Sea Limited (juga dikenal sebagai Sea Group) adalah perusahaan publik yang berbasis di Singapura. 

Perusahaan ini didirikan pada tahun 2009 oleh Forrest Li. Perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Singapura, Bursa Efek Frankfurt, dan Bursa Efek New York. Sea Limited memperoleh nilai pasar yang luar biasa, yaitu 72 miliar dolar per 21 Agustus 2020.

Sea Group telah berkembang menjadi raksasa teknologi di Asia Tenggara, dengan terjun ke berbagai sektor seperti e-commerce, gaming, ride hailing, food delivery, dan keuangan digital. Shopee, Garena, dan SeaMoney merupakan anak perusahaan dari Sea Group.

Sea Group berdiri berawal dari Forrest Li yang membentuk Garena di Singapura pada tahun 2009 untuk mengembangkan game mobile bertema battle royale bernama Free Fire, yang menjadi sangat populer di kalangan para gamers.

Game yang mirip dengan PUBG tersebut laris manis, dan Forrest Li bersama timnya berhasil dengan cepat mengembangkan bisnis mereka. Ekspansi Sea Group kemudian berlanjut dengan peluncuran Shopee. Marketplace yang didirikan pada tahun 2015 ini langsung memperluas operasinya ke hampir semua negara di Asia Tenggara.

Kini, Shopee telah menjadi pemimpin di pasar e-commerce Asia Tenggara, bahkan berhasil mengalahkan Lazada yang notabene dibeking Alibaba. Tak berhenti sampai di situ, Sea Group juga mengembangkan ShopeeFood (food delivery), Sea Money (digital finance), dan Ryde (ride hailing).

Investor di balik Sea Group ternyata bukanlah pemain biasa. Salah satunya adalah Tencent Holdings Ltd, perusahaan konglomerasi teknologi asal China, yang juga termasuk dalam 10 perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia.

Otoritas Jasa Keuangan mengungkapkan, induk perusahaan Shopee, Sea Limited (Sea Group), telah menjadi pemegang saham PT Bank Kesejahteraan Ekonomi, yang dikenal sebagai Bank BKE.

Dugaan Gratifikas Jet Pribadi Kaesang-Erina

Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman, melaporkan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan gratifikasi. Laporan tersebut disampaikan Boyamin melalui saluran pengaduan masyarakat KPK, Rabu, 28 Agustus 2024.

Dalam laporannya, ia menyertakan surat perjanjian kerja sama atau MoU antara Pemerintah Kota Solo dan PT Shopee Internasional Indonesia, yang ditandatangani Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Solo saat itu. Perjanjian tersebut mencakup pendirian kantor dan pusat gaming di atas lahan milik Pemkot Solo.

Dia menjelaskan, perjanjian kerja sama tersebut penting dilampirkan karena Gibran adalah kakak kandung Kaesang. Dugaan adanya hubungan antara pemberian fasilitas pesawat jet pribadi kepada Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, diduga ada kaitannya dengan kerja sama yang pernah dilakukan Gibran dengan Shopee pada 23 April 2021, juga disoroti.

Boyamin menyatakan, laporan tersebut diajukan sebagai respons positif terhadap pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, yang menginstruksikan Direktur Gratifikasi untuk menindaklanjuti informasi yang berkembang di masyarakat.

“Kenapa Kaesang kok dikaitkan dengan Gibran? Ya, karena irisannya di situ. Kaesang adiknya Gibran dan diduga pesawat itu kan juga terkait dengan PT Shopee. Semangat saya hanya membantu KPK untuk memperjelas perkara ini, apakah ada gratifikasi atau tidak. Kalau tidak ya sudah klir,” ujarnya.

Sebelum terjun ke dunia politik dan menjabat sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang dikenal sebagai seorang pengusaha. Ia bahkan menjadi pemilik klub sepakbola Persis Solo, yang disponsori oleh Free Fire, sebuah permainan online yang dikembangkan oleh Garena, anak perusahaan dari Sea Group yang juga membawahi Shopee.

Jauh sebelum itu, Kaesang telah memiliki berbagai bisnis di berbagai sektor, mulai dari kuliner, fesyen, hingga aplikasi digital. Dia bahkan pernah menerima investasi besar dari sejumlah perusahaan ternama dengan nilai fantastis, mencapai jutaan dolar AS.

Laporan terkait dugaan gratifikasi pesawat jet oleh Kaesang juga diajukan oleh Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubaidilah Badrun.

Ubed menyatakan laporan tentang gaya hidup mewah Kaesang memperkuat dugaan korupsi yang telah dia sampaikan kepada KPK 2,5 tahun lalu. KPK telah mengarsipkan laporan tersebut karena dianggap belum cukup bukti.

“Karena di situ ada pertanyaan besar, dari mana kekayaan putra presiden itu sampai sedemikian mewah hidupnya. Karena laporan kami yang 2,5 tahun lalu, kami ingin agar itu dibuka dan yang bersangkutan (Kaesang) dipanggil,” sambungnya.

Sebelumnya, The Straits Times menjuduli artikel pada Selasa, 27 Agustus 2024 dengan "Jokowi’s younger son disqualified from November elections, draws flak for US trip amid protests.

Perjalanan Kaesang dan Erina ke Amerika Serikat (AS), juga mendapat sorotan dari media Singapura. Bahkan The Straits Times telah mencoba mengonfirmasi ke Sea Limited, perusahaan yang berbasis di Singapura, yang disebut-sebut sebagai pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream G650ER yang digunakan Kaesang.

“Upaya Presiden Joko Widodo untuk membangun dinasti politik mengalami pukulan setelah putra bungsunya didiskualifikasi dari pemilihan daerah November karena usianya,” begitu artikel itu dibuka.

The Straits Times mengungkapkan, berdasarkan pemeriksaan di situs web Administrasi Penerbangan Federal AS, pesawat tersebut saat ini dimiliki oleh wali amanat Bank of Utah.

“Catatan di situs web penerbangan RZJets, yang menunjukkan status pengiriman pesawat, menunjukkan bahwa jet tersebut awalnya dikirimkan ke Garena pada 15 Juli 2021, sebelum dibeli oleh wali amanat Bank of Utah pada 29 Desember 2022.” Sea belum menanggapi permintaan The Straits Times untuk informasi lebih lanjut.