Tekno

Seabad Terkubur di Dasar Laut, Begini Penampakan Terbaru Titanic

  • Lebih dari seabad lalu, kapal pesiar megah Titanic berlayar untuk pertama kalinya dari Inggris menuju Amerika pada 1912.
Tekno
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

ALASKA - Lebih dari seabad lalu, kapal pesiar megah Titanic berlayar untuk pertama kalinya dari Inggris menuju Amerika pada 1912. Sayangnya, kapal tersebut tak penah sampai ke tujuan. Ia harus kandas saat melewati Samudera Atlantik lantaran menabrak gunung es.

Kapal yersebut kemudian temggelam di ekdalaman 12.500 kaki di bawah permukaan laut. Dari 2240 penumpang yang menaiki kapak saat itu, 1500 diantaranya kehilangan nyawa.

Baru- baru ini, tim ekspedisi dari Ocean Gate kembali melakukan penelitian unyuk menyelidiki bangkai kapal Titanic. Tentmyunya, mereka membawa perlenhkapan lebih canggih seperti kapal selam yang dilengkapi dengan serat karbon hingga kamera beresolusi tinggi.

Pada penelusuran yang dilakukan, peneliti menmukan enemuan baru yang lebih detail mengenai kapal yang diklaim tak bisa tenggelam ini. Salah satu temuan yang berhasil diidentifikasi adalah mengenai siapa pembuat jangkar dari kapal mewah itu.

"Saya belum pernah melihat nama pembuat jangkar, Noah Hingley & Sons Ltd, di jangkar sisi pelabuhan," kata pakar Titanic di OceanGate Expeditions Rory Golden seperti dikutip TrenAsia.com dari Insider Senin, 5 September 2022.

Golden yang telah bertahun-tahun mengabdikan hidupnya untuk meneliyi bangkai Titanic ini menambahkan detail penemuan baru yang didapatkan membuatkan merasa takjub.

"Saya telah mempelajari bangkai kapal selama beberapa dekade dan telah menyelesaikan beberapa kali penyelaman, dan saya tidak ingat pernah melihat gambar lain yang menunjukkan tingkat detail ini," lanjut Golden.

Selain nama pembuat jangkar, penemuan baru menarik lainnya adalah penampakan cerobong asap yang terbelah menjadi dua saat jatuh ke dasar lautan.

“Khususnya, itu adalah salah satu cerobong asap berujung tunggal yang pertama kali terlihat ketika bangkai kapal Titanic diidentifikasi pada tahun 1985,” tambah Golden.

Detail lainnya yang tampak adalah derek yang digunakan untuk memasang jangkar seberat 15 ton. Ada juga sebah belenggu yang awalnya terpasang pada tiang utama kapal namun sekarang tampak sudah runtuh. 

Tampak juga tali yang digunakan kapal megah ini untuk dihubungakan ke kapal kecil ketika Titanic parkir di pelabuhan.

"Anda melihat tiga struktur bundar di sepanjang bagian dalam pagar. Ini adalah triple fairleads yang digunakan untuk memberi makan tali dok ke bollard di pantai untuk mengamankan kapal ke dermaga ketika Titanic berada di pelabuhan," kata seorang penyelam veteran Titanic, PH Nargeolet.

Sekadar informasi, Titanic dibangun di galangan kapal Harland & Wolff di Belfast, Irlandia Utara. Kapal  mewah yang punya panjang  panjang kisaran 450 meter ini disebut sebagai  kapal terbesar yang pernah ada. 

Mengutip Brittanica, Titanic dibangun dengan serangkaian pintu kompartemen yang dapat ditutup jika haluan dilanggar. Karena itu, pembuat kapal sesumbar bahwa Titanic merupakan kapal yang tidak dapat tenggelam. Sayangnya, pada pelayaran perdananya 1912 lalu, kapal ini tak pernah sampai tujuan.