<p>Ilustrasi kerja sama bank dengan financial technology / ScienceSoft</p>
Industri

Sebelum Beralih ke Bank Digital, Simak Keunggulan Layanan Mobile Banking yang Sudah Ada

  • Bank digital dan layanan digital banking dari bank konvensional memang memiliki kelebihannya masing-masing. Sebelum beralih ke bank digital, simak terlebih dahulu keunggulan digital banking yang ada saat ini.

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Bank digital dan layanan digital banking dari bank konvensional memang memiliki kelebihannya masing-masing. Sebelum beralih ke bank digital, simak terlebih dahulu keunggulan digital banking yang ada saat ini.

Mengutip riset dari Head of Digital Business Bank OCBC NISP Rudy Hamdani, Kamis 8 Juli 2021, berikut manfaat dari bank dengan layanan digital banking:

1. Memiliki produk keuangan yang komprehensif

Nasabah/calon nasabah dapat memiliki kesempatan untuk dapat dengan mudah melakukan investasi dari produk investasi reksa dana. Sebagai contoh di Bank OCBC NISP dapat melakukan pembelian reksa dana mulai dari Rp10 ribu sampai dengan mengajukan pembiayaan baik untuk kebutuhan kepemilikan rumah, dan pembukaan layanan perbankan lainnya.

2. Nasabah memiliki fleksibilitas dalam berinteraksi dengan Bank

Fasilitas yang dimiliki oleh Bank dengan layanan digital memberikan fleksibilitas bagi nasabah untuk dapat ke kantor cabang bertemu dengan Relation Manager (RM) sampai dengan berinteraksi dengan channel online-nya. Tentunya, semua itu sesuai dengan kebutuhan nasabah.

3. Layanan Beyond Transaction 

Bank memberikan fasilitas yang disesuaikan dengan segmennya sehingga nasabah/calon nasabah dapat menggunakan fasilitas/layanan sesuai kebutuhan.

4. Pengelolaan keuangan

Bank umum dengan layanan digital memiliki layanan perbankan yang dapat mengakomodasi aspirasi keuangan di semua segmen. Sebagai contoh, Bank OCBC NISP memiliki program pengelola keuangan untuk semua segmen: Financially Fit untuk anak muda, sampai dengan pengalaman layanan RM untuk nasabah Premier dan Private Banking.

Simpulannya, fasilitas maupun solusi perbankan yang ditawarkan antara bank digital dengan bank umum yang mempunyai kapabilitas layanan digital pun bisa berbeda dan beragam yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan/karakteristik setiap segmen nasabah.

Misalnya bank umum dengan layanan digital biasanya juga menyediakan safe deposit box yang menjadi salah satu kebutuhan nasabah high affluent. Kemudian, masih banyak lagi keuntungan serta layanan perbankan yang bisa di dapatkan bersama dengan Bank yang memiliki layanan digital banking.

“Tidak perlu khawatir, pilihlah bank sesuai referensi kamu dan yang sudah berpengalaman melakukan bisnis perbankan,” ujar Rudy. (RCS)