<p>Jalan tol / Waskita.co.id </p>
Nasional

Sebentar Lagi Uji Laik Fungsi, Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 2 dan 3 Capai 90 Persen

  • Jalan Tol Cibitung-Cilincing terdiri dari empat seksi dengan progres pembangunan seksi 2 dan 3 sudah mencapai 90%, dan segera akan dilakukan uji laik fungsi (ULF).
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Jalan Tol Cibitung-Cilincing terdiri dari empat seksi dengan progres pembangunan seksi 2 dan 3 sudah mencapai 90%, dan segera akan dilakukan uji laik fungsi (ULF).

Lebih rinci, seksi 2 ruas Telaga Asih-Muara Bakti sepanjang 10,3 kilometer (km) progresnya telah mencapai 98,76%. Sedangkan, seksi 3 ruas Muara Bakti-Kanal Banjir Timur sepanjang 14,35 km sudah mencapai 99,14%.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing merupakan bagian dari jaringan jalan Tol Lingkar Luar Jakarta atau Outer Ring Road (JORR) 2 yang terus dilakukan penyelesaian pembangunannya secara bertahap.

Jalan tol ini melintasi wilayah Kabupaten Bekasi di Jawa Barat dan Provinsi DKI Jakarta dengan seksi 1 ruas simpang susun (SS) Cibitung-Telaga sepanjang 2,6 km sudah dioperasikan pada 2021.

Untuk seksi 4 ruas Kanal Banjir Timur-Cilincing sepanjang 7,2 km progresnya sampai saat ini mencapai 66,14% dan ditargetkan konstruksinya akan selesai pada pertengahan 2022.

Kehadiran jalan tol ini sebagai konektivitas untuk memperlancar arus logistik, industri hingga mobilitas masyarakat yang terhubung dari Cibitung hingga Cilincing. Mulai dari jalan Tol Jakarta-Cikampek di bagian selatan dan bagian utara jalan Tol Akses Tanjung Priok.

Selain itu, jalan Tol Cibitung-Cilincing juga mendukung akses logistik menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta hingga kawasan indsutri lainnya. Serta bersambung dengan jalan Tol Cimanggis-Cibitung.

Jalan Tol Cibitung-Cilincing memiliki lima buah SS di antaranya SS Cibitung, SS Telaga Asih, SS Tambelang, SS Tarumajaya, dan SS Cilincing.