Bandara Kertajati.
Transportasi dan Logistik

Sebulan, Bandara Kertajati Layani Hampir 50.000 Penumpang

  • Rata-rata load factor di BIJB Kertajati setiap harinya sudah mencapai di atas 70 persen.

Transportasi dan Logistik

Bintang Surya Laksana

MAJALENGKA - Selama periode 29 Oktober hingga 27 November 2023, Manajemen Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat jumlah penumpang yang menggunakan fasilitas penerbangan di bandara tersebut telah mencapai 49.689 orang.

"Untuk penumpang dari tanggal 29 Oktober sampai dengan kemarin Senin, 27 November 2023, total 49.689 penumpang,” ujar Direktur Utama (Dirut) PT BIJB Muhammad Singgih pada Selasa, 28 November 2023 di Majalengka.

Singgih menyatakan dengan jumlah penumpang sebanyak itu, menunjukkan masyarakat di Jawa Barat telah menunjukkan antusiasme yang tinggi untuk menggunakan Bandara Kertajati sebagai titik keberangkatan menuju tujuh rute domestik yang saat ini tersedia. 

Singgih menekankan antusiasme yang tinggi ini tercermin dari data load factor atau tingkat keterisian pesawat yang melayani penerbangan komersial di bandara tersebut. Walaupun data mengenai tingkat keterisian tersebut bersifat fluktuatif, rata-rata load factor di BIJB Kertajati setiap harinya sudah mencapai di atas 70 persen.

“Load factor memang berbeda setiap harinya. Tapi secara rata-rata makin membaik. Secara rata-rata saat ini sudah di atas 70 persen,” ujar Singgih.

Singgih mengungkapkan pihaknya merasa optimistis terhadap peningkatan jumlah penumpang di Bandara Kertajati menjadi semakin kuat seiring berjalannya waktu yang didorong oleh dukungan fasilitas yang lengkap dan ketersediaan akses yang semakin mudah ke bandara tersebut.

Oleh karenanya, Singgih menyebutkan pihaknya telah aktif melaksanakan sosialisasi dan promosi melalui berbagai platform, dengan tujuan untuk menjangkau pangsa pasar baru, khususnya di kalangan masyarakat Jawa Barat dan Jawa Tengah. Inisiatif tersebut dipandang sebagai langkah yang esensial untuk meningkatkan kepopuleran Bandara Kertajati sebagai opsi utama bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Sejak Bandara Kertajati beroperasi penuh pada tanggal 29 Oktober 2023, fasilitas yang tersedia di bandara ini dianggap sangat memadai untuk mendukung kegiatan penerbangan komersial. Oleh karena itu, Singgih menekankan Bandara Kertajati dapat menjadi pilihan yang sangat menguntungkan sebagai gerbang destinasi penerbangan di Jawa Barat dan sekitarnya.

“Untuk media dan juga seluruh masyarakat sampaikan seluas-luasnya bahwa ini bandara telah dioperasikan penuh dan layak untuk menjadi pilihan,” sebut Singgih seperti dilansir Antara..