blue origin
Dunia

Sebut Lakukan Diskriminasi Usia, Blue Origin Milik Jeff Bezos Digugat Karyawan

  • Dua orang karyawan Blue Origin, perusahaan luar angkasa milik miliarder Jeff Bezos melayangkan gugatan ke tempatnya bekerja
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

LOS ANGELES- Dua orang karyawan Blue Origin, perusahaan luar angkasa milik miliarder Jeff Bezos melayangkan gugatan ke tempatnya bekerja. Menurut para pekerja tersebut, perusahaan telah melakukan diskriminasi pada pekerja yang lebih tua.

Mengutip Tech Crunch Kamis, 9 Maret 2023, mantan insinyur perangkat lunak kedirgantaraan di Blue Origin, Cristian Bureriu, mengajukan gugatan terhadap perusahaan roket Jeff Bezos sejak September.

Dalam gugatannya yang dilayangkan ke Pengadilan Tinggi Los Angeles, Ia mengklaim bahwa dirinya diminta oleh atasannya untuk mencari kandidat yang lebih muda untuk dipekerjakan. Menurut kesaksian, atasannya kala itu mengatakan bahwa orang yang lebih muda lebih bisa dilatih.

Dalam pengaduannya, Bureriu juga mengatakan  bahwa selama lebih dari tiga tahun dia bekerja di Blue Origin, perusahaan memaksa sekitar 20 karyawan yang berusia di atas 40 tahun untuk digantikan dengan individu yang berusia 20-an dan 30-an.

Insinyur tersebut menuduh bahwa dia menghadapi pelecehan dan diberhentikan secara tidak sah setelah dia melaporkan masalah tersebut ke bagian SDM.

Keluhan Bureriu tentang diskriminasi usia terpantau sebagai gugatan kedua yang dilayangkan terhadap perusahaan. Pada bulan Januari, sebuah gugatan yang diajukan atas nama David Rowan menyebutkan bahwa tuduhan Bureriu menghadirkan mosaik bukti tidak langsung yang meyakinkan yang mendukung temuan diskriminasi usia yang disengaja.

Dalam pengaduannya, Rowan menuduh bahwa selama rentang dua tahun dia melamar 14 posisi berbeda di perusahaan dan tidak pernah menerima tawaran pekerjaan. Dia mengklaim bahwa Blue Origin mengajukan pertanyaan untuk menentukan usianya selama proses wawancara, kata publikasi tersebut.

Sebagai informasi, sebelumnya insider pernah melaporkan bahwa proses perekrutan Blue Origin mencakup esai tentang penerbangan luar angkasa manusia dan panel wawancara selama 5 jam.