Segera Hadir, Clubhouse Versi Android

  • JAKARTA – Platform streaming audio Clubhouse sudah mulai meluncurkan uji coba beta untuk versi Android kepada beberapa pengguna yang disebut ‘friendly tester’. “Jika Anda mendengar seseorang mengatakan mereka menggunakan Clubhouse di aplikasi Android resmi, berikan sambutan hangat! Kami tidak sabar untuk menyambut lebih banyak pengguna Android ke Clubhouse selama beberapa minggu mendatang,” tulis Clubhouse mengutip […]

Reky Arfal

Reky Arfal

Author

JAKARTA – Platform streaming audio Clubhouse sudah mulai meluncurkan uji coba beta untuk versi Android kepada beberapa pengguna yang disebut ‘friendly tester’.

“Jika Anda mendengar seseorang mengatakan mereka menggunakan Clubhouse di aplikasi Android resmi, berikan sambutan hangat! Kami tidak sabar untuk menyambut lebih banyak pengguna Android ke Clubhouse selama beberapa minggu mendatang,” tulis Clubhouse mengutip 9to5google, Kamis 6 Mei 2021.

Belum diketahui apakah Clubhouse versi Android nanti akan menggunakan sistem referensi yang sama dengan iOS. Clubhouse juga belum menjelaskan kapan tepatnya aplikasi versi Android akan meluncur.

Saat ini, Clubhouse hanya tersedia di sistem operasi iOS. Hal itu membuat aplikasi ini terkesan lebih ekslusif.

Platform ini meluncur sejak tahun 2020. Popularitas Clubhouse terus meroket usai bos SpaceX Elon Musk hingga bos Facebook Mark Zuckerberg ikut menjadi anggota.

Kemunculan Clubhouse yang sempat viral membuat media sosial lainnya ikut meniru fitur streaming audio. Misalkan Facebook yang mengumumkan fitur berbasis audionya, yaitu Soundbites dan podcast, kemudian Twitter juga turut menghadirkan Spaces.

Clubhouse juga dilaporkan baru mendapatkan suntikan dana Seri C pekan ini. Clubhouse tidak menyebutkan berapa besaran dana yang mereka dapat dari pendanaan seri C tersebut.

Mengutip AFP, salah satu sumber mengatakan dana yang baru didapatkan membuat valuasi perusahaan menjadi US$4 miliar atau setara Rp58,2 Triliun.

“Kegemparan terhadap media sosial baru tersebut ternyata tumbuh lebih cepat dari yang diharapkan, setelah memperoleh penambahan modal pada Januari. Kegemparan ini turut membuat server mengalami kesulitan dengan (banyaknya) jumlah pengguna,” tulis Clubhouse di blognya.