<p>Warga berolahraga di area lingkar luar Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis, 16 Juli 2020. Di era new normal olahraga lari harus dilakukan dengan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. Pelatih lari yang juga atlet marathon Indonesia Hendri Pardede, merekomendasikan hal- hal berikut agar mendapat manfaat dari olahraga lari diantaranya, pemilihan waktu dan tempat yang sebaiknya menghindari tempat yang ramai dari lalu lintas orang, penggunaan masker jika berpapasan dengan pelari lain dan bisa melepasnya kembali di bawah dagu jika tidak ada orang lain di sekitar, hindari juga berlari dengan menyentuh benda-benda di tempat umum, dan pastikan jarak dengan pelari lain sekitar 3-4 meter untuk mencegah virus penyebab COVID-19 menular dari satu orang ke orang lainnya. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Gaya Hidup

Sehat Mana, Makan Sebelum atau Setelah Olahraga?

  • Sebagian dari kita mungkin masih bingung soal jadwal makan yang baik ketika olahraga.
Gaya Hidup
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Sebagian dari kita mungkin masih bingung soal jadwal makan yang baik ketika olahraga. Sejumlah orang menganggap makan sebelum olahraga bisa bikin ngantuk dan begah di bagian perut. Namun ada pula yang menilai makan setelah olahraga membuat badan tak memiliki energi yang cukup untuk bergerak. 

Lantas, bagaimana jadwal makan yang ideal? Sebelum atau setelah olahraga? Dilansir dari Healthline, ternyata tak ada perbedaan signifikan terkait performa olahraga antara orang yang mengosongkan perut saat olahraga dan orang yang makan dulu sebelum olahraga. Hasil riset ini terbatas dalam olahraga dengan durasi pendek.

Riset menunjukkan tidak ada alasan orang menjadi lemas ketika tidak makan sebelum olahraga. Hal ini karena tubuh menyimpan sekitar 2.000 kalori sebagai glikogen dan lemak tubuh lebih banyak lagi. Semua energi yang tersimpan ini bisa menunjang saat berolahraga, bahkan jika Anda belum makan selama beberapa jam. 

Ketika berolahraga dengan perut kosong, tubuh tidak memiliki energi dari makanan sehingga akan mengambil dari sumber lain. Hal ini malah bisa membantu Anda menurunkan berat badan karena olahraga tersebut bakal efektif membakar lemak. 

Namun demikian, bukan berarti makan sebelum olahraga sesuatu yang buruk. Kebiasaan tersebut bermanfaat untuk membakar lebih banyak karbohidrat dan mempercepat metabolisme di kemudian hari. Kesimpulan itu diambil dari penelitian lelaki yang sarapan terlebih dulu sebelum olahraga. Jadi, pilihlah kebiasaan yang cocok buat Anda. Semua sama baiknya asal dilakukan dengan proporsional.