Tekno

Sejarah Landak Ceko, Teknologi Tahun 1930an ini Masih Bisa Merepotkan Tank Canggih

  • Landak sangat efektif dalam menghentikan tank atau kendaraan lain.
Tekno
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

JAKARTA-Tank terus berkembang dari waktu ke waktu. Tidak hanya dalam kemampuan menghancurkan dengan senjata yang makin besar dan kuat, tetapi juga dalam kemampuan berlari dan bermanuver. Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah perkembangan dalam kemampuan bertahan hidup.

Tank semakin tangguh. Tidak semata-mata dengan menggunakn armor yang semakin kuat, tetapi juga dengan sistem perlindungan aktif yang semakin menjadi standart bagi tank modern.

Tetapi, dari semua kemajuan mengesankan tersebut, tank masih kesulitan untuk menghadapi rintangan yang berasal dari teknologi tahun 1930an. Dia adalah  Czech Hedgehog alias landak Ceko.

Bahkan di perang Ukraina alat ini masih banyak digunakan. Baik militer maupun warga membuat rintangan tersebut untuk dipasang di berbagai ruas jalan. 

Landak ceko adalah alat yang cukup simple. Landak Ceko terbuat dari dua balok logam yang disatukan pada sudut tertentu. Balok ketiga ditambahkan untuk memungkinkan landak mempertahankan bentuknya dan tetap berfungsi bahkan ketika terbalik. 

Kekuatan standar yang dapat diambil oleh landak seringkali 60.000 kg. Untuk mencapai efektivitas maksimal, landak dibuat dengan ketinggian sekitar 1,1 meter.

Landak sangat efektif dalam menghentikan tank atau kendaraan lain. Saat ditabrak oleh alat ini akan berputar dan masuk ke bagian bawah kendaraan. Bagi kendaraan biasa atau non lapis baja, salah satu ujungnya akan melubangi lantai kendaraan. Sementara untuk tank alat ini akan mengangkat bagian depan tank hingga tidak bisa bergerak maju. 

Mungkin alat ini tidak akan sampai merusak tank, tetapi untuk bisa melanjutkan perjalanan harus ada yang menghilangkan penghalan tersebut. Dan itu akan menjadi situasi berbahaya karena berpotensi lawan menyergapnya.

Landak Ceko ini juga bisa disingkirkan oleh pasukan sebelum tank lewat. Tetapi sama saja, itu membutuhkan pasukan infanteri yang akan berada dalam posisi empuk untuk diserang. Keunggulan lain dari landak ceko adalah dia bisa dipindahkan dengan cepat.

Landak Ceko, sesuai dengan namanya pertama kali dikembangkan di Cekoslowakia dan ditempatkan di Benteng Perbatasan Cekoslowakia pada tahun 1935-1938. Desainnya dengan cepat diadopsi oleh Jerman dan pada tahun 1941, Uni Soviet juga menggunakan landak ini untuk menghentikan serangan tank Jerman. 

Salah satu penggunaan landak yang paling terkenal adalah di Tembok Atlantik di Normandia, Prancis. Selama pendaratan Normandia, tank sekutu harus berhadapan dengan banyak landak yang dipasang oleh Jerman. Dan sejak itu landak ceko digunakan di seluruh dunia.

Apa yang terlihat di Ukraina saat ini menunjukkan, bahwa secanggih dan sekuat apapun tank, mereka tetap masih tunduk pada teknologi kuno. Tebaran landak ceko di Ukraina juga menjadikan pemandangan situasi perang sekarang ini masih memiliki kesamaan dengan Perang Dunia II.