Sains

Sejarah Misi Apollo: Deretan Manusia yang Pernah ke Bulan

  • Pada tahun 1960-an dan awal 1970-an, manusia mencetak prestasi dalam sejarah peradaban dengan menjelajahi bulan melalui misi Apollo.
Sains
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA -  Pada tahun 1960-an dan awal 1970-an, manusia mencetak prestasi dalam sejarah peradaban dengan menjelajahi bulan melalui misi Apollo yang diadakan pemerintah Amerika Serikat. Misi-misi ini tidak hanya mengubah cara kita melihat ruang angkasa, tetapi juga menjadi tonggak bersejarah dalam eksplorasi manusia dalam menjelajahi dunia. 

Dilansir dari Ensiklopedia Britanica, Jum’at, 25 Agustus 2023, Berikut adalah perjalanan misi Apollo dalam menjelajahi Bulan. Apollo 7 (1968), Misi penerbangan luar angkasa berawak pertama dalam program Apollo. Pesawat ini mengorbit Bumi sebanyak 163 kali untuk menguji berbagai peralatan penting dengan teknologi termutakhir pada masa itu.

Apollo 8 (Desember 1968), Merupakan Misi berawak pertama yang berhasil mengorbit Bulan dan kembali dengan selamat ke Bumi. Tiga awak, William Anders, Frank Borman, dan Jim Lovell, menjadi orang pertama yang mengelilingi Bulan.

Apollo 10 (Mei 1969), dianggap sebagai msii pembuka jalan untuk pendaratan di Bulan. Thomas Stafford, John W. Young, dan Eugene Cernan menjadi penjelajah terdekat dengan permukaan Bulan, walaupun mereka belum mendarat di Bulan.

Apollo 11 (Juli 1969), Momen paling bersejarah ketika Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di permukaan Bulan dan Buzz Aldrin menancapkan bendera Amerika Serikat di Bulan. Apollo 12 (November 1969), Diluncurkan hanya beberapa bulan setelah Apollo 11, misi ini dilakukan oleh Pete Conrad dan Alan Bean.

Apollo 13 (April 1970), Awalnya direncanakan untuk mendarat di Bulan, misi ini berubah menjadi kisah patriotik saat awaknya, James Lovell, Jack Swigert, dan Fred Haise, berhasil bertahan setelah ledakan tangki oksigen. Setelah ledakan tersebut pendaratan apollo 13 di bulan dibatalkan.

Apollo 14 (Februari 1971), Alan Shepard dan Edgar Mitchell menjadi orang kelima dan keenam yang berjalan di Bulan. Apollo 15 (Juli 1971), David Scott dan James B. Irwin menghabiskan hampir tiga hari di Bulan, melakukan eksplorasi dan mengumpulkan data ilmiah yang berharga.

Apollo 16 (April 1972), John W. Young dan Charles M. Duke, Jr., menjadi astronot kesembilan dan kesepuluh yang menginjakkan kaki di permukaan Bulan. Apollo 17 (Desember 1972), Misi terakhir Apollo yang berjalan di Bulan. Harrison Schmitt dan Eugene Cernan mengumpulkan batu dan material berharga selama lebih dari 22 jam di permukaan Bulan.

Dalam semua misi Apollo pada kurun waktu 60-70 an, 24 astronot Amerika pergi ke Bulan dan 12 di antaranya berhasil berjalan di atasnya. Prestasi luar biasa ini akan tetap mengilhami eksplorasi ruang angkasa untuk generasi-generasi yang akan datang. dan menjadi tonggak sejarah manusia dalam menjelajahi alam semesta.