<p>Ilustrasi Memasak/ cooksmarts.com</p>
Gaya Hidup

Sejumlah Hobi Baru Ini Muncul Selama Pandemi

  • JAKARTA—Pandemi corona virus telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat. Waktu, yang semula banyak dihabiskan di luar rumah, sekarang harus dimanfaatkan baik-baik di dalam rumah demi memitigasi persebaran COVID-19. Pendek kata, Bekerja, belajar, hingga kegiatan mencari hiburan harus menemukan alternatifnya. Beberapa hobi baru kemudian bermunculan agar rasa bosan dapat berguguran tatkala mereka menjalani rutinitas tersebut. Berikut lima […]

Gaya Hidup
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA—Pandemi corona virus telah mengubah banyak kebiasaan masyarakat. Waktu, yang semula banyak dihabiskan di luar rumah, sekarang harus dimanfaatkan baik-baik di dalam rumah demi memitigasi persebaran COVID-19. Pendek kata, Bekerja, belajar, hingga kegiatan mencari hiburan harus menemukan alternatifnya. Beberapa hobi baru kemudian bermunculan agar rasa bosan dapat berguguran tatkala mereka menjalani rutinitas tersebut.

Berikut lima tren hobi baru yang telah TrenAsia.com rangkum.

Mendekorasi rumah

Mempercantik rumah dengan mendekorasi ulang atau menata ulang furnitur merupakan hobi anyar bagi banyak konsumen. Hobi ini sehubungan dengan berkurangnya kegiatan yang dilakukan di luar rumah sehingga banyak konsumen yang berupaya untuk menghadirkan suasana baru di rumah. Suasana baru tersebut dihadirkan agar rumah lebih nyaman, baik untuk belajar, bekerja, dan lainnya.

Olahraga di Rumah

Mengingat menjaga kesehatan perlu dilakukan, olahraga di rumah akan menjadi hobi baru. Belum lagi kesehatan badan merupakan salah satu prioritas tertinggi selama masa pandemi. Banyak konsumen yang mulai membuat gym pribadi di rumah agar tetap dapat berolahraga dengan maksimal.

Memasak

Selain berolah raga, masyarakat diprediksi bakal gandrung melakukan kegiatan memasak. E-commerce Lazada mencatat, terjadi peningkatan jumlah transaksi di kategori perlengkapan dapur dan peralatan makan selama 3 bulan terakhir. Selama 3 bulan itu, bahan-bahan pangan pokok dan segar seperti sayur mayur juga mengalami peningkatan.

Gim

Bermain gim melalui ponsel akan menggantikan lenyapnya kegiatan kongko di kafe atau nge-mall. Kegiatan bermain gim dilakukan sebagai hiburan dalam melenyapkan rasa bosan.

Adapun belum lama ini, WHO mengampanyekan Play Apart Together yakni menganjurkan bermain gim bersama teman secara online untuk menjaga kondisi mental dan mengusir kebosanan.

Berkebun

Berkebun telah menjadi hobi terbaru selama masa pandemi berlangsung. Mulanya, kegiatan ini muncul lantaran kendala mendapatkan akses bahan makanan segar. Akhirnya masyarakat menyiasatinya dengan membuat kebun lahan terbatas sendiri (urban farming) di rumah.

Berbagai metode berkebun seperti sistem hidroponik, vertical garden, dan menanam dalam pot memungkinkan masyarakat untuk melakukan aktivitas tersebut di bermacam jenis lahan, seperti pekarangan rumah, pagar, dinding rumah, bahkan dalam ruang rumah.