Maskapai Viet Jet
Transportasi dan Logistik

Sejumlah Maskapai Gulung Tikar, Vietnam Kekurangan Armada Pesawat Penumpang

  • Penurunan jumlah armada udara Vietnam sebesar 25% selama kuartal pertama tahun 2024 menjadi masalah serius. Jumlah pesawat yang sebelumnya 223 kini hanya tinggal 173.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Dampak dari kekurangan pesawat dalam jumlah signifikan di Vietnam telah menjadi perhatian serius bagi Otoritas Penerbangan Sipil negara tersebut. 

Otoritas menekankan pentingnya mengatasi tantangan ini, terutama selama periode puncak liburan, dimana terjadi lonjakan jumlah penumpang penerbangan.

Penurunan jumlah armada udara Vietnam sebesar 25% selama kuartal pertama tahun 2024 menjadi masalah serius. Jumlah pesawat yang sebelumnya  223 kini hanya tinggal 173.

Dilansir dari Xinhua, Rabu, 27 Maret 2024, alasan dibalik penurunan ini beragam meliputi restrukturisasi armada dan jaringan penerbangan oleh maskapai penerbangan dalam negeri. 

Langkah-langkah darurat akan segera dilakukan, otoritas Vietnam menuntut maskapai penerbangan untuk menyusun rencana solid guna mengatasi kekurangan pesawat ini. 

Dampak dari penurunan armada dirasakan secara luas

Ketidaknyamanan bagi penumpang akibat terbatasnya jadwal penerbangan harian dan sedikitnya jumlah armada pesawat menjadi dampak nyata dari penurunan armada ini. 

Otoritas penerbangan telah menegaskan pentingnya transparansi dan komunikasi yang efektif dari maskapai kepada penumpang mengenai perubahan jadwal dan potensi gangguan lainnya. 

Kekurangan jumlah pesawat yang masih berlanjut diprediksi akan menimbulkan tekanan tambahan pada sistem transportasi udara Vietnam ditahun 2024.

Keterlibatan aktif semua pihak diperlukan untuk memastikan bahwa solusi yang tepat dapat ditemukan untuk mengatasi tantangan ini dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Maskapai Penerbangan di Vietnam

Saat ini, terdapat 5 maskapai penerbangan komersial yang masih beroperasi di Vietnam,

  1. Vietnam Airlines: Maskapai nasional Vietnam, Didirikan pada tahun 1955.
  2. Vietjet Air: Maskapai penerbangan bertarif rendah (LCC) terbesar di Vietnam, Didirikan pada tahun 2007.
  3. Bamboo Airways: Maskapai penerbangan swasta yang didirikan pada tahun 2017.
  4. Pacific Airlines: Maskapai penerbangan regional yang didirikan pada tahun 1991.
  5. Vietravel Airlines: Maskapai penerbangan baru yang didirikan pada tahun 2020.

Maskapai Berhenti Beroperasi,

  1. Jetstar Pacific: Maskapai LCC yang merupakan perusahaan patungan antara Vietnam Airlines dan Qantas. Telah berhenti beroperasi pada tahun 2020
  2. Air Mekong: Maskapai penerbangan regional yang telah berhenti beroperasi pada tahun 2013.