Sekretaris jenderal Liga Dunia Muslim (MWL), Dr. Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa, tiba di Islamabad, Pakistan pada 7 April 2024. (Arab News)
Dunia

Sekjen Liga Dunia Muslim Sambangi Pakistan, Siap Pimpin Salat Id

  • Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa, sekretaris jenderal Liga Dunia Muslim (MWL) tiba di Islamabad Minggu malam untuk kunjungan sembilan hari ke negara itu, kata kementerian agama Pakistan, di mana dia akan memimpin salat Idulfitri di Masjid Faisal minggu ini.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Dr Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa, sekretaris jenderal (Sekjen) Liga Dunia Muslim (MWL) tiba di Islamabad Minggu malam untuk kunjungan sembilan hari ke negara itu, kata kementerian agama Pakistan, di mana dia akan memimpin salat Idulfitri di Masjid Faisal minggu ini. 

MWL adalah organisasi non-pemerintah berbasis di Mekah yang mewakili pengikut Islam di seluruh dunia. Dr. Al-Issa dijelaskan oleh MWL sebagai ‘pelopor’ dalam membangun kemitraan antara berbagai komunitas, agama, dan bangsa. Ia juga merupakan seorang ulama ternama asal Arab Saudi dan telah dihormati dengan memberikan khotbah dalam ibadah haji pada tahun 2022.

Dr. Issa dan delegasinya disambut di Pangkalan Udara Nur Khan di Rawalpindi setibanya di sana oleh Menteri Federal Urusan Agama Chaudhry Salik Hussain, Senator Muhammad Talha Mahmood dan Dr. Syed Ata Ur Rehman, sekretaris federal kementerian agama Pakistan.

“Dr. Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa akan menghabiskan Idulfitri bersama anak-anak yatim di pusat panti asuhan di Islamabad yang dikelola oleh Liga Dunia Muslim,” kata Kementerian Agama dan Kerukunan Antaragama (MoRA) Pakistan dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Arab News, pada Senin, 8 April 2024.

“Sekretaris jenderal MWL akan memimpin salat Idulfitri di Masjid Faisal di Islamabad.”

Dr. Issa juga akan melakukan peletakan batu pertama dari "Museum Seerat-un-Nabi," museum pertama di Pakistan yang akan didedikasikan untuk menampilkan barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW, tambah pernyataan tersebut.

Kunjungan sembilan harinya juga akan melibatkan pertemuan dengan pejabat tinggi Pakistan termasuk perdana menteri, ketua mahkamah agung, presiden, dan panglima militer.

Ketua Majelis Ulama Pakistan Tahir Mehmood Ashrafi, mengatakan kunjungan Dr. Issa akan mempromosikan keharmonisan antaragama dan antar sekte di Pakistan, serta mendorong ikatan yang lebih kuat antara Islamabad, Riyadh, dan Liga Dunia Muslim.

“Dr. Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa memimpin salat Idulfitri dan itu juga secara khusus di Masjid Shah Faisal adalah bukti ikatan kuat yang antara Pakistan dengan Arab Saudi dan Liga Dunia Muslim,” kata Ashrafi dalam pesan audio yang dirilis ke media. 

Ashrafi mengatakan MWL selalu mendukung sikap Pakistan terhadap Kashmir dan Palestina, dan selalu menyuarakan suaranya untuk kaum tertindas.

Dr. Issa dianugerahi penghargaan Hilal-e-Imtiaz yang bergengsi pada tahun 2022 oleh presiden Pakistan saat itu Dr. Arif Alvi, atas upaya kemanusiaan dan perannya dalam memperkuat hubungan Pakistan-Arab Saudi.

Hilal-e-Imtiaz atau Crescent of Excellence dianugerahkan kepada pejabat sipil dan militer, dan terbuka untuk warga negara Pakistan dan warga negara asing yang telah memberikan kontribusi signifikan bagi keamanan negara atau kepentingan nasional, perdamaian dunia, budaya, atau upaya publik lainnya.