Ilustrasi Bank Mandiri.
Perbankan

Sektor Perbankan Jadi Tempat Kerja Terbaik Versi LinkedIn

  • Metodologi pemeringkatan ini melibatkan beberapa aspek kunci, seperti peluang naik jabatan, pertumbuhan keterampilan, kestabilan perusahaan, peluang eksternal, hubungan karyawan dengan perusahaan, keragaman gender dan latar belakang pendidikan, serta jumlah karyawan di Indonesia.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - LinkedIn, sebagai platform jaringan profesional global, baru saja mengeluarkan daftar "Top Companies 2024" edisi ketiga untuk Indonesia. 

Daftar ini mengungkapkan 15 perusahaan papan atas di Indonesia di mana profesional memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan karier mereka. 

Metodologi pemeringkatan ini melibatkan beberapa aspek kunci, seperti peluang naik jabatan, pertumbuhan keterampilan, kestabilan perusahaan, peluang eksternal, hubungan karyawan dengan perusahaan, keragaman gender dan latar belakang pendidikan, serta jumlah karyawan di Indonesia.

Industri perbankan Indonesia, yang terus mengalami transformasi digital, mendominasi daftar lima besar perusahaan terbaik untuk karier. 

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mempertahankan posisi puncak, sementara PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN/BBTN) melonjak sepuluh peringkat ke posisi ketiga. Tak ketinggalan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI/BBRI) juga meningkat ke posisi kelima dari peringkat tahun sebelumnya.

Di luar industri perbankan, perusahaan telekomunikasi besar Indonesia mengisi peringkat kedua. Sedangkan eFishery, start up terkemuka di bidang aquaculture, berhasil meraih peringkat keempat. Perusahan-perusahaan agritech juga memberikan dorongan baru bagi sektor pertanian Indonesia dengan solusi inovatifnya.

Baca Juga: Restrukturisasi Kredit COVID Berakhir, OJK: Perbankan Tetap Resilien

Industri Consumer Goods Manufacturing (CGM) dan Food and Beverages (F&B) juga menyediakan peluang karier menarik. 

Perusahaan internasional seperti Reckitt (#6), Procter & Gamble (#7), The Coca-Cola Company (#10), dan Nestle (#13) juga masuk dalam daftar. Menariknya, Kino Indonesia, perusahaan lokal, berhasil masuk ke dalam daftar untuk pertama kalinya di peringkat ke-15.

Tren keterampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan ini pun beragam. Industri perbankan mencari profesional dengan keterampilan dalam Perbankan Komersial, Financial Modelling, dan Pasar Modal. 

Sementara itu, perusahaan-perusahaan CGM fokus pada keterampilan Strategi Pertumbuhan dan Analisis Data. Di sisi lain, perusahaan F&B membutuhkan ahli dalam Perangkat Lunak Enterprise dan Operasi Penjualan.

Keterampilan seperti Kecerdasan Buatan (AI) dan Telekomunikasi juga semakin diminati. Jakarta, sebagai pusat bisnis utama, tetap menjadi lokasi dominan bagi Top Companies, diikuti oleh Surabaya dan Bandung.

Serla Rusli, LinkedIn Career Expert, mengatakan bahwa di Indonesia, perusahaan-perusahaan berupaya keras untuk menarik dan mengembangkan talenta terbaik. 

“List Top Companies 2024 ini kami buat untuk membantu para profesional mengetahui perusahaan-perusahaan terbaik yang menawarkan budaya kerja yang baik, pertumbuhan keterampilan dan peluang karier, di mana sekarang ini kebanyakan perusahaan memerlukan kombinasi hardskill dan softskill yang baik untuk berkarier di dunia kerja yang dinamis ini.” ungkap Serla dikutip dari pengumuman resmi, Rabu, 17 April 2024.

Berikut 15 perusahaan terbaik versi LinkedIn

1. Bank Mandiri

2.Telkom Indonesia

3 Bank Tabungan Negara

4. eFishery

5. Bank Rakyat Indonesia

6. Reckitt

7. Procter & Gamble

8. Djarum

9. Philip Morris International

10. The Coca-Cola Company

11. Infineon Technologies

12. ExxonMobil

13. Nestle

14. Alphabet Inc.

15. Kino Indonesia