<p>Bersepeda sambil wisata di Candi Borobudur hingga Prambanan / Dok. BUMN</p>
Gaya Hidup

Selain Bersepeda, Ini Aktivitas yang Disukai Traveler Saat Berlibur di Tengah Pandemi

  • Selain bersepeda, ternyata permintaan aktivitas lain untuk liburan juga meningkat

Gaya Hidup
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA – Minat masyarakat bersepeda terlihat meningkat dari kegiatan yang dipilih konsumen biro perjalanan daring atau online travel agent (OTA).

Market Manager Tour & Attraction tiket.com Danny Wilson Peraji mengatakan pihaknya bekerja sama dengan operator yang menyediakan aktivitas bersepeda.

“Seperti di Ubud Tegallalang, itu salah satu yang dicari,” kata Danny, dikutip dari Antara, Minggu, 20 Juni 2021.

Selain bersepeda, ternyata permintaan aktivitas lain untuk liburan juga meningkat. Beberapa di antaranya yakni tur dengan pemandu dan aktivitas luar ruangan yang berkaitan dengan air.

Water activity seperti jet ski, snorkeling, banana boat lagi disukai,” tambah dia.

Di samping itu, Danny mengatakan, staycation masih jadi tren liburan di kala pandemi. Hotel bintang empat jadi pilihan utama, diikuti dengan hotel bintang lima dan bintang tiga. Daerah wisata seperti Bali dan Lombok banyak diminati, bertepatan dengan musim liburan sekolah belum lama ini.

Area Manager East Indonesia tiket.com Rajasa Hadisoemarto menuturkan tren staycation sudah terlihat sejak kuartal IV- 2020. Namun sempat turun pada Januari dan Februari 2021 akibat pembatasan.

“Sekarang naik lagi, sekarang penjualan lebih tinggi dari kuartal empat kemarin,” kata Rajasa.

Minat masyarakat untuk staycation di tempat yang relatif lebih aman dan tidak mengharuskan mereka berinteraksi dengan banyak orang membuat konsumen cenderung memilih properti privat seperti apartemen dan vila.

Jaminan kebersihan untuk menjamin kesehatan di tengah pandemi menjadi salah satu pertimbangan utama konsumen dalam memilih akomodasi. (LRD)