IFG Life
Perbankan

Selain BTN, IFG Life Gandeng Bank Swasta untuk Bancassurance

  • IFG memilih BTN sebagai bank pertama yang digandeng untuk menyalurkan bancassurance karena bank spesialis kredit pemilikan rumah (KPR) tersebut adalah satu-satunya bank dari Himbara yang belum memiliki anak perusahaan di segmen asuransi.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) memberikan bocoran bahwa pihaknya akan menggandeng perusahaan lainnya yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) selain PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN/BBTN) yang saat ini sudah menjalin kerja sama untuk memasarkan produk bancassurance. Tidak hanya itu, IFG Life juga akan menyasar bank swasta dalam mendistribusikan produk tersebut. 

Informasi tersebut disampaikan oleh Head of Corporate Secretariat IFG Life Gatot Haryadi seusai acara Buka Puasa IFG bersama sejumlah media di Hotel Alila, Jakarta, pada Kamis, 28 Maret 2024.

Gatot menyampaikan, bahwa IFG memilih BTN sebagai bank pertama yang digandeng untuk menyalurkan bancassurance karena bank spesialis kredit pemilikan rumah (KPR) tersebut adalah satu-satunya bank dari Himbara yang belum memiliki anak perusahaan di segmen asuransi. 

Sebagaimana diketahui, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI/BBRI) menaungi BRI Life dan BRI Insurance, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) memiliki AXA Mandiri dan Mandiri Inhealth, sedangkan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI/BBNI) memiliki BNI Life. 

Kendati demikian, bukan berarti IFG menutup slot kerja sama bancassurance dengan perusahaan Himbara lainnya. Selain itu, IFG juga membuka potensi untuk bekerja sama dengan bank swasta. 

“Sekarang sudah ada beberapa (bank swasta) yang kami targetkan, tapi untuk nama perusahaannya belum bisa kami sebutkan,” kata Gatot. 

Sebagai informasi, sebelumnya IFG Life dan BTN telah menandatangani perjanjian kerja sama yang bertujuan untuk memasarkan produk bancassurance, dengan fokus pada nasabah yang merupakan debitur KPR dari BTN.

Kerja sama ini menandai langkah baru dalam upaya IFG Life untuk menjadi penyedia produk asuransi di Bank BTN. Kerja sama ini meliputi berbagai aspek, termasuk model integrasi produk, distribusi untuk segmen massal dengan proses onboarding yang terintegrasi dengan produk utama bank, serta model rujukan untuk segmen prioritas.

Bersama BTN, IFG Life akan mengembangkan beragam produk dan rencana untuk membangun aplikasi gaya hidup yang melibatkan pelanggan.

Produk-produk yang akan disediakan dalam kerja sama ini meliputi perlindungan kontekstual, inovatif, dan transparan, dengan fokus pada model bisnis yang sederhana dan terjangkau, penetrasi tinggi, serta biaya distribusi efisien.

Penawaran produk baru dari IFG Life akan mengajak nasabah BTN dari semua segmen, termasuk produk asuransi kesehatan dan jiwa untuk nasabah yang tidak aktif, managed care untuk nasabah yang makmur, produk asuransi melekat untuk kalangan milenial, dan aplikasi gaya hidup BTN untuk generasi milenial.