<p>Layanan 4G LTE oleh Telkomsel. / Dok. Telkomsel</p>
Tekno

Selama Mudik dan Lebaran, Transaksi MyTelkomsel Melonjak Nyaris 100 Persen

  • Transaksi pembelian paket layanan data melalui aplikasi MyTelkomsel melonjak hingga 99% selama momen mudik dan lebaran 2022.
Tekno
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Transaksi pembelian paket layanan data melalui aplikasi MyTelkomsel melonjak hingga 99% selama momen mudik dan lebaran 2022. 

Lonjakan transaksi itu pun mendorong pertumbuhan trafik broadband di jalur mudik hingga 46% dibandingkan hari normal.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) selaku pengelola platform MyTelkomsel mencatat pertumbuhan transaksi layanan data tersebut didominasi oleh pembelian paket voucher fisik data favorit seperti paket 2,5 GB dan 1,5 GB.

Sementara itu, untuk akses layanan digital, Telkomsel pun mengalami pertumbuhan transaksi sekitar 30% dari hari normal dan tumbuh 11% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Kemudian, platform Dunia Games Telkomsel pun mengalami pertumbuhan transaksi tertinggi sepanjang tahun sebesar 109% sementara layanan video melalui fitur layanan MAXstream add-on dan premium bundling mencatat pertumbuhan transaksi hingga 130% secara month-to-month (mtm).

"Antusiasme juga terlihat dari melonjaknya aktivitas digital pelanggan yang turut mendorong peningkatan trafik layanan data sebagai penunjang konektivitas digital yang prima," ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam melalui keterangan tertulis, Rabu, 11 Mei 2022.

Selama momen mudik, Telkomsel menyediakan layanan Posko Telkomsel Siaga di sejumlah rest area dan titik keramaian, dan paket unlimited menjadi produk yang paling diminati pelanggan di posko-posko tersebut.

Baik itu transaksi pembelian paket atau layanan digital, kenaikan pertumbuhan dari keduanya mendorong juga kenaikan trafik broadband di sejumlah titik transit transportasi mudik seperti bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan dengan peningkatan sebesar 28%. Lonjakan trafik broadband tertinggi terjadi di Bandara Udara Soekarno-Hatta dengan persentase 54%.

Hendri pun mengatakan bahwa Telkomsel pun mencatat pertumbuhan transaksi pembelian paket melalui layanan mitra outlet/reseller Telkomsel yang menggunakan aplikasi DigiPOS Aja! yang meningkat sekitar 41% dibandingkan periode yang sama.

"Tumbuhnya transaksi pelanggan melalui layanan DigiPOS Aja! diharapkan dapat mendorong kebangkitan bisnis para mitra outlet/reseller Telkomsel yang juga merupakan bagian dari para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)," pungkas Hendri.

Sebagai informasi, Telkomsel menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya untuk melakukan pemerataan jaringan mobile broadband 4G dan pengembangan 5G serta memperluas ragam layanan dan solusi digital inovatif seperti mobil gaming, digital entertainment, digital lifestyle, mobile financial service, enterprise solutions, dan internet of things (IoT).

Sejak berdiri hingga saat ini, Telkomsel telah melayani lebih dari 176 juta pelanggan yang tersebar hingga ke wilayah terdalam dan terluar Indonesia.