Industri

Selama Pandemi, Mitsubishi Fuso Terjual Lebih dari 1.000 Unit Lewat Toko Digital

  • Penjualan Mitsubishi Fuso lewat Tokopedia mencapai lebih dari 1.000 unit sejak diluncurkan pada 2020. 
Industri
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA  – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), melaporkan penjualan Mitsubishi Fuso lewat Tokopedia mencapai lebih dari 1.000 unit sejak diluncurkan pada 2020. 

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Naoya “Rocky” Takai mengatakan perusahaan telah melakukan berbagai upaya untuk beradaptasi terhadap pergeseran pasar akibat pandemi demi mempertahankan penjualan. 

Menurut Naoya, Mitsubishi Fuso secara serius melibatkan ekosistem digital dengan meluncurkan official store di Tokopedia dan Monotaro. Bertahun-tahun sebelumnya, kata Rocky, ide menjual truk secara online di Indonesia tampak tidak rasional. 

Namun, karena situasi pandemi, ketergantungan konsumen pada teknologi digital menjadi sangat tinggi, sehingga memungkinkan pembelian truk secara online.

“Hal ini terbukti dengan tercapainya penjualan lebih dari 1.000 truk Mitsubishi Fuso melalui Tokopedia sejak diluncurkan pada tahun 2020,” ujar Rocky, saat ditemui di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS), yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Rocky mengatakan, Mitsubishi juga selalu memperbarui fiturnya. Semua truk Mitsubishi Fuso yang dijual sejak tahun 2017 telah dilengkapi dengan Runner. Hingga saat ini, 144.000 unit truk dengan Runner sudah berada di jalan Indonesia. 

Selain itu, Mitsubishi Fuso baru-baru ini memperkenalkan aplikasi baru yang disebut ‘Runner Driver,’ yang dibuat khusus untuk pengemudi truk untuk memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi dan laporan kinerja.

Di booth GIIAS 2021, Mitsubishi Fuso juga menyediakan toko digital apabila pengunjung ingin membeli truk. Pada pameran GIIAS 2021 ini, Mitsubishi Fuso memperkenalkan New Mining Spec terbarunya.

“Unit ini telah dilengkapi dengan OEM Power Take Off (PTO), Radiator Guard dan Rotary Lamp yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan di industri pertambangan,” imbuh Rocky.

Sejalan dengan itu, Mitsubishi Fuso juga menyatakan kesiapannya untuk menyongsong regulasi Euro4 mulai 2022. Dengan DNA Mitsubishi Fuso yang kuat, terbukti berpengalaman di mesin Common Rail, dan peningkatan spek, Mitsubishi Fuso yakin varian Euro4-nya akan diterima pasar Indonesia. 

Mitsubishi Fuso berusaha sebaik mungkin untuk memastikan fase transisi dari Euro2 akan berjalan lancar dan akan didukung oleh 220 jaringan dealer terbesar di seluruh Indonesia.

Selain Euro4, pemerintah Indonesia beberapa tahun terakhir serius fokus pada kendaraan listrik. Meskipun truk listrik masih sangat terbatas di Indonesia, FUSO adalah pemimpin truk listrik di dunia. 

Truk listrik pertama FUSO pertama kali diperkenalkan pada 2016. Unit pertama dikirimkan pada tahun 2017 dan lebih dari 200 unit eCanter dikirimkan ke beberapa wilayah di Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.

Sebagai pelopor truk listrik, FUSO telah menetapkan visi untuk mempercepat transportasi elektrifikasi dan nol emisi di industri kendaraan komersial, dan Mitsubishi Fuso yakin cepat atau lambat Indonesia akan memiliki visi yang sama.

Bang Koboi 

Tulisan ini telah tayang di trenasia.com/bangkoboi oleh Bang Koboi pada 12 Nov 2021