Suasana pesta kembang api saat perayaan HUT DKI ke-495 di Jakarta Fair, Kemayoran, Selasa, 21 Juni 2022 malam. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Nasional

Selamat Ulang Tahun Jakarta! Ini 7 Infrastruktur Baru Jadi Hadiah di HUT Ke-495

  • Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tahun ini memasuki usia ke-495 tahun. Demi merayakan ulang tahun Jakarta pada Rabu, 22 Juni 2022 ada banyak kegiatan dan pelayanan gratis yang bisa dinikmati warga Jakarta.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tahun ini memasuki usia ke-495 tahun. Demi merayakan ulang tahun Jakarta pada Rabu, 22 Juni 2022 ada banyak kegiatan dan pelayanan gratis yang bisa dinikmati warga Jakarta.

Perayaan HUT DKI Jakarta dimeriahkan dengan hadirnya Jakarta Fair yang dua tahun ke belakang absen hadir karena COVID-19.

Selain itu, pemerintah DKI Jakarta juga membebaskan biaya alias gratis bagi penumpang Kereta Rel Listrik (KRL), MRT, dan TransJakarta selama perayaan ulang tahun Jakarta. 

Berikut TrenAsia rangkum tujuh infrastruktur baru di Jakarta sebagai ulang tahunnya yang ke-495 tahun.

Jakarta International Stadium

Jakarta International Stadium/Foto: Tangkapan layar

Stadion terbesar di Indonesia ini berada di Jakarta yang pembangunannya sudah hampir selesai 100%. Jakarta International Stadium (JIS) ini mampu menampung penonton sebanyak 82.000 orang.

Kemudian, stadion ini juga dibangun dengan teknologi canggih dan menjadi bangunan ramah lingkungan dengan memperoleh sertifikat Greenship level platinum untuk desain pembangunannya dan sertifikat berstandar internasional lainnya.

Jembatan Pinisi

Ilustrasi. Jembatan Pinisi/Foto: TrenAsia.com

Warga Jakarta pasti sudah tahu tentang Jembatan Pinisi yang lokasinya berada di koridor perkantoran Sudirman, Jakarta Selatan.

Jembatan penyeberangan orang (JPO) Pinisi selain menjadi tempat menyeberang juga menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto-foto dengan pemandangan dikelilingi gedung-gedung kantor di sekitarnya.

Halte Integrasi Tertinggi di Jakarta

Halte Integrasi CSW/Foto: @Aniesbaswedan

Halte Integrasi Cakra Selaras Wahana (CSW) Jakarta ini dibangun untuk melengkapi infrastruktur transportasi di Jakarta semakin terintegrasi dengan baik.

Halte ini menjadi halte tertinggi dan terbesar di Jakarta yang menghubungkan Stasiun Moda Raya Terpadu (Mass Rapid Transit/MRT) ASEAN dengan Halte TransJakarta.

Revitalisasi Angkot

Ilustrasi. Revitalisasi Angkot/Foto: Kemenhub

Transportasi di Jakarta semakin terintegrasi dengan adanya angkutan kota (Angkot) Jaklingko yang tentunya bisa dinikmati secara gratis dengan menggunakan kartu JakLinko yang bisa digunakan berbagai transportasi umum Jakarta.

Revitalisasi angkot juga dirasa dengan hadirnya Mikrotrans yang memiliki ac dan fasilitas lengkap lainnya untuk membuat penumpang semakin nyaman menggunakan transportasi publik di Jakarta.

Kampung Susun Akuarium

Ilustrasi. Kampung Susun Akuarium/Foto: Pu.go.id

Kampung Susun Akuarimum yang sempat mendatangkan pro kotra karena adanya pergusuran pada masa kepemimpinanBasuki Tjahaja Purnama pada 2021.

Kemudian para warga yang rumah tergusur dibangun kembali di masa kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan berupa kampung susun yang sudah diresmikan pada 17 Agustus 2021.

Jalan Layang Tapal Kuda

Ilustrasi. Jalan Layang Tapal Kuda/Foto: TrenAsia.com

Jalan layang yang berbentuk tapal kuda sempat viral di media sosial karena bentuknya yang unik. Saat ini Jalan Layang Tapal Kuda yang berlokasi di Jakarta Selatan sudah mulai dibangun permanen.

Jalan layang ini digunakan untuk putar balik Lenteng Agung atau Tanjung Barat.

Taman Eco Park

Ilustrasi. Taman Eco Park/Foto: TrenAsia.com

Taman Eco Park menjadi salah satu dari banyaknya taman kota di Jakarta yang direvitalisasi dengan wajah baru yang semakin cantik dan rapih.

Saat ini Taman Eco Park sudah bisa dikunjungi bersama keluarga maupun kerabat karena fasilitasnya yang sudah lengkap. Taman Eco Park ini juga terkenal dengan jembatannya yang unik dan berwarna-warni.