TikTok Shop Tutup Jualan 4 Oktober
Industri

Selesaikan Proses Investasi, Sah Tiktok Pegang Saham Pengendali Tokopedia

  • PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok, mengumumkan penyelesaian dari transaksi yang akan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Industri

Debrinata Rizky

JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan TikTok, mengumumkan penyelesaian dari transaksi yang akan memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional.

Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo mengatakan, dengan begitu bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia, adapun TikTok telah resmi menjadi pemegang saham pengendali.

"Kami telah menyelesaikan transaksi kerjasama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM. Ini juga merupakan langkah besar bagi Grup GoTo," katanya dalam keterangan resmi dikutip pada Kamis, 1 Februari 2024.

Melalui kemitraan ini, TikTok akan menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar atau Rp23,5 triliun (kurs Rp15,700 per dolar AS), sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia.

Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen serta pelaku UMKM Indonesia. 

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia, termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dalam bentuk e-commerce service fee dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut.

Adapun kemitraan ini diawali dengan kampanye Beli Lokal yang diluncurkan bulan Desember lalu, melibatkan ribuan merchant lokal dan mencatatkan pertumbuhan penjualan produk lokal sebesar 125%.

Dalam survei yang dilakukan pada merchant yang terlibat dalam kampanye tersebut ditemukan bahwa 97% merchant merasakan dampak positif dari kolaborasi TikTok dan Tokopedia, sedangkan 90% melaporkan peningkatan penjualan melalui kampanye Beli Lokal.