Sebagai wujud dukungan terhadap upaya Masjid Istiqlal dalam penggunaan energi ramah lingkungan, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (Adira Finance), melalui Unit Usaha Syariah, telah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area masjid.
IKNB

Semakin ‘Hijau’, Masjid Istiqlal Kini Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik lewat Kolaborasi Adira, IGF, dan HVT

  • Sebanyak 504 panel surya telah dipasang di atap masjid sejak tahun 2020. Panel-panel ini mampu menyuplai sekitar 15% dari total kebutuhan listrik operasional masjid. Berkat penggunaan teknologi ramah lingkungan ini, Masjid Istiqlal menjadi masjid pertama yang menerima penghargaan "Green Mosque" dari International Finance Corporation (IFC) pada tahun 2022.

IKNB

Idham Nur Indrajaya

JAKARTA – Sebagai wujud dukungan terhadap upaya Masjid Istiqlal dalam penggunaan energi ramah lingkungan, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance/ADMF), melalui Unit Usaha Syariah, telah meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di area masjid. Pembangunan SPKLU di Masjid Istiqlal ini merupakan hasil kerja sama antara Adira Finance, Istiqlal Global Fund (IGF), dan PT High Volt Technology (HVT).

Masjid Istiqlal, sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, tidak hanya menjadi tempat ibadah umat Muslim, tetapi juga destinasi wisata religi. 

Dengan kapasitas yang mampu menampung hingga 120 ribu jemaah, Masjid Istiqlal juga berperan sebagai simbol kebanggaan nasional. 

Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai pembaruan dilakukan, termasuk renovasi besar dan penggunaan panel surya untuk mendorong kesadaran lingkungan serta penerapan energi terbarukan.

Hendri, Kasubdit Teknisi Masjid Istiqlal, menjelaskan bahwa sebanyak 504 panel surya telah dipasang di atap masjid sejak tahun 2020. 

Panel-panel ini mampu menyuplai sekitar 15% dari total kebutuhan listrik operasional masjid. Berkat penggunaan teknologi ramah lingkungan ini, Masjid Istiqlal menjadi masjid pertama yang menerima penghargaan "Green Mosque" dari International Finance Corporation (IFC) pada tahun 2022.

Adira Finance Dukung Inisiatif Hijau Masjid Istiqlal

Direktur Adira Finance, Denny Riza, menyatakan, pihaknya sangat bersyukur dapat mendukung inisiatif hijau Masjid Istiqlal dengan menghadirkan SPKLU. 

“Fasilitas ini bukan hanya sekadar menambah kenyamanan bagi pengunjung masjid, tetapi juga sejalan dengan visi kami dalam menciptakan nilai bersama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui penggunaan energi ramah lingkungan,” ungkap Denny melalui pengumuman tertulis yang diterima TrenAsia, Senin, 30 September 2024.

Pemasangan SPKLU ini memiliki beberapa tujuan strategis yang berhubungan langsung dengan peningkatan layanan publik, dukungan terhadap kebijakan pemerintah, hingga potensi pendapatan tambahan bagi masjid melalui wakaf produktif.

Meningkatkan Fasilitas Publik di Masjid Istiqlal

Hadirnya SPKLU di area Masjid Istiqlal menambah nilai fasilitas yang ada di lingkungan masjid. Selain memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang menggunakan kendaraan listrik, ini juga meningkatkan modernisasi infrastruktur masjid agar tetap relevan dengan perkembangan zaman. 

Dengan demikian, masjid ini dapat memberikan layanan yang lebih ramah lingkungan, sekaligus memperbaiki pengalaman jemaah yang membutuhkan solusi transportasi yang lebih berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Tantangan Adopsi Kendaraan Listrik di Indonesia

Dukung Kebijakan Energi Terbarukan Pemerintah

Pemasangan SPKLU di Masjid Istiqlal juga sejalan dengan strategi pemerintah Indonesia yang tengah mendorong adopsi energi terbarukan, terutama kendaraan listrik. 

Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan masyarakat semakin tertarik menggunakan kendaraan berbasis listrik, yang pada akhirnya turut mendukung penurunan emisi karbon di Indonesia.

Wakaf Produktif Sebagai Sumber Pendapatan Baru

SPKLU yang diresmikan di Masjid Istiqlal juga memiliki potensi sebagai sumber pendapatan baru bagi masjid melalui skema wakaf produktif. 

Keuntungan dari operasional SPKLU ini bisa dimanfaatkan untuk pengembangan fasilitas masjid dan berbagai program sosial lainnya yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah

Inisiatif ini juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat terkait pembiayaan syariah, salah satu fokus utama Adira Finance. 

Hingga Agustus 2024, Adira Finance mencatatkan pembiayaan syariah baru sebesar Rp5,4 triliun, yang mencakup 21% dari total pembiayaan baru perusahaan. 

Untuk memperkuat posisi di segmen syariah, Adira Finance terus memperluas jangkauan pemasaran dan penjualan, terutama di komunitas syariah. Selain itu, perusahaan juga berfokus pada penjualan produk syariah non-otomotif seperti AMANAH (Adira Multi Dana Syariah).

Dukungan Adira Finance Terhadap Transisi Energi Bersih

Adira Finance juga mendukung penuh transisi menuju energi bersih di Indonesia dengan menyediakan pembiayaan untuk kendaraan listrik, baik sepeda motor maupun mobil.

Perusahaan bekerja sama dengan berbagai merek kendaraan listrik dan dealer untuk memfasilitasi pembiayaan ini. Hingga Agustus 2024, pembiayaan kendaraan listrik Adira Finance mencapai Rp270 miliar, mencerminkan peningkatan signifikan dalam adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

Kolaborasi dengan Istiqlal Global Fund dan High Volt Technology

Mulyono Lodji, Direktur Utama IGF, menegaskan, masjid Istiqlal selalu berusaha menjadi pelopor dalam penerapan teknologi berkelanjutan. 

“Dengan adanya kerja sama ini, pemasangan SPKLU tidak hanya mempromosikan energi bersih tetapi juga memberikan kenyamanan lebih bagi jemaah dan pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan listrik selama berada di masjid,” tuturnya.

Senada dengan itu, Direktur Project HVT, Benhur Philip L Tobing, menyatakan bahwa pihaknya bangga dapat berpartisipasi dalam inisiatif ini. 

“Inisiatif ini tidak hanya mendukung transisi menuju energi bersih, tetapi juga memperkuat nilai-nilai keberlanjutan. Kami berharap kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagi berbagai pihak untuk bersama-sama menurunkan emisi karbon dan menciptakan masa depan yang lebih hijau,” ujarnya.