Perangko Pemilu 2024
BUMN

Semarakkan Pesta Politik, Pos Indonesia Luncurkan Prangko Versi Pemilu 2024

  • Seri Prangko Pemilu 2024 ini terdiri dari tiga desain utama.
BUMN
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - PT Pos Indonesia baru-baru ini meluncurkan seri prangko untuk menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak Tahun 2024. Pencetakan prangko ini merupakan kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Pos Indonesia. 

Seri Prangko Versi Pemilu 2024 ini diperkenalkan dengan mengusung tema Pemilu 2024 merupakan wujud visual yang mendalam tentang nilai penting Pemilu sebagai fondasi integrasi bagi masyarakat Indonesia. 

Desain-desain ini bukan semata mengenai estetika, namun lebih pada penyampaian pesan mengenai esensi demokrasi, keberagaman, serta pentingnya keterlibatan setiap individu dalam proses pembentukan masa depan negara.

Dilansir dari kabarbumn.com, Senin, 4 Desember 2023, Seri Prangko Pemilu 2024 ini terdiri dari tiga desain utama, yaitu Maskot Sura Sulu, Bangunan KPU dengan Bendera Parpol, dan Jari Kelingking Celup Tinta Ungu. 

Maskot Sura Sulu menggambarkan sepasang Jalak Bali, merepresentasikan suara pemilih dan kesetaraan hak pilih antara gender. 'Sura' yang berasal dari 'Suara Rakyat' mencerminkan laki-laki, sedangkan 'Sulu' berasal dari 'Suara Pemilu' yang melambangkan perempuan.

Desain kedua dari Seri Prangko Pemilihan Umum 2024 yang menampilkan Bangunan KPU dengan bendera Parpol, menjadi representasi yang kuat dari sejarah politik Indonesia. 

Gedung KPU, sebagai salah satu institusi penting dalam proses demokrasi, menjadi saksi bisu sejarah politik yang telah membangun landasan bagi negara ini. Sementara itu, bendera-bendera Parpol yang terlihat pada desain tersebut menunjukkan keberagaman dan pluralitas politik di Indonesia. 

Desain ketiga, Jari Kelingking Celup Tinta Ungu, menjadi simbol bagi pemilih yang telah menggunakan hak suaranya. Desain ini tidak hanya memperingatkan terhadap kemungkinan kecurangan pemilihan, tetapi juga menampilkan peta wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Penggunaan tema Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024 Menuju Indonesia Emas sebagai tema prangko dipilih untuk menegaskan pentingnya menjaga Pemilu yang aman, demokratis, dan berintegritas. Hal ini penting mengingat Pemilu menjadi arena persaingan yang sah secara hukum dalam upaya meraih atau mempertahankan kekuasaan.

Peluncuran Prangko Seri Pemilihan Umum 2024 ini dapat menjadi lambang semangat demokrasi dan persatuan dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik. 

Diharapkan seri prangko ini tidak hanya menjadi simbol, tetapi juga mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi, memberikan dorongan untuk menciptakan bangsa yang lebih kuat dan bersatu.