<p>Ilustrasi peer to peer lending. / Akseleran.co.id</p>
Industri

Semester I-2020, Fintech Akseleran Salurkan Pinjaman Rp354 Miliar

  • JAKARTA – PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) menyalurkan total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp354 miliar sepanjang Januari hingga Juni 2020. Penyaluran pinjaman platform teknologi finansial (financial technology/fintech) peer-to-peer (P2P) lending ini tumbuh hingga 6% dibandingkan dengan periode yang sama 2019. CEO sekaligus Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan mengatakan, pinjaman usaha tersebut disalurkan kepada lebih dari 2.100 pinjaman. Sebagian besar pertumbuhan ditopang […]

Industri
Khoirul Anam

Khoirul Anam

Author

JAKARTA – PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) menyalurkan total penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp354 miliar sepanjang Januari hingga Juni 2020. Penyaluran pinjaman platform teknologi finansial (financial technology/fintechpeer-to-peer (P2P) lending ini tumbuh hingga 6% dibandingkan dengan periode yang sama 2019.

CEO sekaligus Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan mengatakan, pinjaman usaha tersebut disalurkan kepada lebih dari 2.100 pinjaman. Sebagian besar pertumbuhan ditopang oleh performa pada kuartal I-2020.

Selain itu, kata Ivan, adanya pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan era new normal turut berdampak terhadap peningkatan penyaluran pinjaman usaha Akseleran di bulan Juni yang berhasil alami kenaikan 13% dibandingkan dengan Juni 2019.

Menurutnya, pertumbuhan tersebut sejalan dengan kualitas aset yang tetap terjaga stabil. Ivan mengungkapkan, rata-rata kredit bermasalah (non performing loan/NPL) masih di bawah 0,7% dari total penyaluran pinjaman usaha secara keseluruhan.

“Upaya kami dalam memitigasi risiko kredit macet khususnya di masa pandemi COVID-19 sangatlah penting seperti meningkatkan credit underwritting standard dan lebih memilih pinjaman beragunan invoice financing dibandingkan pre-invoice financing (pembiayaan purchase order) agar risiko kredit lebih kecil,” kata Ivan dalam keterangan pers, Kamis, 2 Juli 2020.

Total Pinjaman Tersalurkan

Lebih lanjut, Ivan menjelaskan, secara kumulatif, Akseleran menyalurkan total pinjaman usaha lebih dari Rp1,26 triliun. Sebanyak 25% pinjaman disalurkan untuk usaha kecil menengah di sektor konstruksi. Sisanya disalurkan ke berbagai sektor lain.

Akseleran mencatat, secara berurutan penyaluran pinjaman tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta. Untuk wilayah di luar Jawa, tersebar di Riau, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Kalimantan Tengah.

“Rapor hijau di semester pertama 2020 ini tentu didukung penuh oleh lebih dari 200.000 pemberi pinjaman (lender) sektor retail (perorangan) Akseleran yang tersebar di seluruh Indonesia. Apalagi total nilai pengembangan dana untuk pendanaan UKM dari lender retail kami juga mengalami kenaikan yang sama sebesar 6% di sepanjang semester pertama tahun ini,” kata Ivan. (SKO)