Bank BTN
Finansial

Semester I 2023, Bank BTN Kumpulkan Dana Pihak Ketiga Rp313,26 Triliun

  • Bank BTN mampu menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp 313,26 triliun pada semester I-2023.
Finansial
Alvin Pasza Bagaskara

Alvin Pasza Bagaskara

Author

JAKARTA- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) atau Bank BTN mampu menghimpun dana pihak ketiga sebesar Rp 313,26 triliun pada semester I-2023. Pencapaian ini merupakan keberhasilan perusahaan dalam melakukan transformasi perbankan. 

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan jumlah dana pihak ketiga yang berhasil dihimpun sebesar Rp 170,22 triliun merupakan dana murah. Ini artinya naik 24 persen dibandingkan akhir Juni 2022 sebesar Rp 137,45 triliun.

“Keberhasilan transformasi BTN menjadi bank tabungan yang dilakukan sejak 2019 lalu menghasilkan perolehan dana murah BTN terus mengalami kenaikan,” kata Nixon LP Napitupulu dalam siaran pers di Jakarta dikutip TrenAsia.com, Senin 31 Juli 2023. 

Menurutnya BTN mengemban misi pemerintah untuk menjadi bank tabungan bagi masyarakat. Amanah itulah yang menjadi landasan bagi perseroan dapat berperan sebagai wadah masyarakat dalam mengumpulkan uang demi masa depan. Ini tercemin dalam program penguatan kredit kepemilikan rumah yang telah disediakan BTN. 

Selain itu, perseroan terus beronivasi membuat fitur perbankan secara digital atau non digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sejumlah inovasi itu antara lain New BTN Mobile, BTN Solusi, Tabungan Bisnis, dan PLUS by BTN Prioritas. 

Atas berbagai inovasi itu, BTN mampu menyabet penghargaan internasional sebagai Best Savings Bank in Indonesia 2023 dari Global Brands Magazine, sebuah majalah yang berbasis di London, Inggris. Pihaknya, menegaskan diperoleh gelar  tersebut menjadi bukti keberhasilan transformasi perseroan. 

“Penghargaan ini menjadi pembangkit semangat kami untuk terus menjalankan misi tersebut, demi masa depan masyarakat Indonesia yang lebih baik dan sejahtera,” ujar Nixon.

Ke depannya, BTN berkomitmen terus berinovasi dalam mengemban hakikatnya sebagai bank tabungan. Perseroan juga menargetkan dapat mencapai perolehan dana murah Rp 200 triliun atau menempati porsi 53 persen dari total simpanan BTN pada akhir 2023.

Sebagai informasi, dana pihak ketiga adalah dana yang dihimpun oleh bank yang berasal dari masyarakat luas, yang terdiri dari simpanan giro (deman deposit), simpanan tabungan (saving deposit) dan simpanan deposito (time deposit)”.