SMEXPO
BUMN

Seminggu, Pertamina Small Medium Enterprise Expo Cetak Transaksi Miliaran Rupiah

  • Kesuksesan SMEXPO ini tidak hanya terbatas disektor penjualan ritel, melainkan juga mencatat komitmen transaksi bisnis dari pembeli dalam dan luar negeri sebesar Rp13 miliar. Jumlah ini juga menunjukkan pertumbuhan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp10 miliar.

BUMN

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2023 sukses diselenggarakan di Gandaria City Mall, Jakarta, mulai dari tanggal 31 Oktober hingga 5 November 2023. 

Acara ini menarik perhatian konsumen dan mencatatkan transaksi ritel senilai Rp1,3 miliar selama seminggu pameran.  Jumlah tersebut mencerminkan peningkatan signifikan sebesar 293% dibandingkan dengan SMEXPO Jakarta tahun 2022, yang hanya mampu mencapai Rp450 juta.

Kesuksesan SMEXPO ini tidak hanya terbatas disektor penjualan ritel, melainkan juga mencatat komitmen transaksi bisnis dari pembeli dalam dan luar negeri sebesar Rp13 miliar. Jumlah ini juga menunjukkan pertumbuhan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp10 miliar.

Dilansair dari kabarbumn.com, Selasa, 7 November 2023, Pertamina SMEXPO 2023 merupakan program inisiatif pertamina yang bertujuan untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia agar dapat bersaing di pasar internasional. Acara ini berperan sebagai wadah pembinaan yang disiapkan oleh Pertamina bagi pelaku UMKM, memberikan mereka peluang untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman pasar global.

Selama enam hari kegiatan SMEXPO 2023 di Jakarta, target omset penjualan sebesar Rp1,3 miliar disektor belanja ritel berhasil tercapai. Selain itu, transaksi potensial  bisnis dari dalam dan luar negeri yang berniat untuk memesan dalam jumlah besar mencapai Rp13 miliar. Acara ini juga berhasil menghubungkan pembeli potensial, termasuk pengusaha hotel, pemilik restoran, kafe, dan perusahaan, menciptakan peluang bisnis yang lebih besar bagi UMKM.

Tidak hanya di Jakarta, SMEXPO 2023 juga telah sukses diselenggarakan di tiga kota besar lainnya yaitu Balikpapan (26-28 Oktober 2023), Semarang (3-5 November 2023), dan Pekanbaru (15-19 November 2023), yang menunjukkan komitmen Pertamina untuk mendukung perkembangan UMKM di seluruh Indonesia.

Kesuksesan SMEXPO 2023 ini menunjukan besarnya potensi UMKM Indonesia dalam menghadapi pasar global. Penyelenggaraan acara ini memberikan dorongan penting bagi pelaku UMKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan kemampuan bisnis mereka. Dengan dukungan Pertamina dan inisiatif serupa, pelaku UMKM dapat lebih siap untuk bersaing di pasar internasional, dan meningkatkan citra Indonesia di kancah bisnis global.