Produksi gas PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) di Cilegon, Banten.
Korporasi

Sempat Dihentikan BEI, Perdagangan Emiten Milik Suami Puan Maharani Kembali Dibuka

  • Harga saham RAJA memang terpantau mengalami lonjakan selama bulan Juli 2022. Dalam waktu sepekan, saham RAJA melonjak 27,07% dan 144,22% dalam sebulan.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) sempat melakukan penghentian sementara atau suspensi pada perdagangan saham emiten PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) milik suami Ketua DPR RI Puan Maharani, Hapsoro Sukmonohadi, yang dimulai pada perdagangan sesi I Jumat, 22 Juli 2022.

Melalui Pengumuman SPT-00039/BEI.WAS/07-2022, BEI menyampaikan bahwa penghentian sementara itu diberlakukan setelah terjadinya peningkatan harga kumulatif yang signifikan pada saham RAJA.

"Dalam rangka cooling down, PT BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), pada perdagangan tanggal 22 Juli 2022," tulis Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI Lidia M. Panjaitan dan P.H. Kepala Divisi Pengaturan & Operasional Perdagangan BEI Mulyana dalam pengumumannya.

Penghentian sementara perdagangan RAJA dilakukan di pasar reguler dan tunai dengan tujuan untuk memberi waktu bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan segala informasi yang ada dalam pengambil keputusan investasi di emiten tersebut.

Harga saham RAJA memang terpantau mengalami lonjakan selama bulan Juli 2022. Dalam waktu sepekan, saham RAJA melonjak 27,07% dan 144,22% dalam sebulan.

Perkembangan tersebut pun menimbulkan asumsi pada BEI bahwa terdapat aktivitas pasar yang tidak biasa (unusual market activity/UMA) pada emiten RAJA dan merilis pengumumannya pada 19 Juli 2022.

Menanggapi pengumuman UMA yang dikenakan padanya, emiten RAJA pun menyampaikan bahwa pihak perseroan tidak mengetahui kebenaran atau ketidakbenaran atas informasi yang beredar di media massa terkait dengan pergerakan harga yang signifikan tersebut.

Direktur Utama PT Rukun Raharja Tbk Djauhar Maulidi pun mengemukakan bahwa bisnis perseroan memang sedang berkembang secara signifikan.

Kinerja keuangan pun didorong oleh proyek yang dikerjakan RAJA dan telah disampaikan melalui paparan publik pada 10 September 2021.

"Seluruh proyek tersebut telah rampung dikerjakan dan diharapkan akan memberikan peningkatan kinerja keuangan perseroan. Salah satu proyek yang berkontribusi cukup signifikan adalah proyek pipa minyak Rokan," ujar Djauhar dalam surat keterangannya, Kamis, 21 Juli 2022.

Setelah melewati masa suspensi selama perdagangan Jumat kemarin, perdagangan saham RAJA pun kembali dibuka oleh BEI. Perdagangan itu akan dimulai lagi pada perdagangan sesi I tanggal 25 Juli 2022.

"Menunjuk pengumuman bursa Nomor: Peng-SPT-00039/BEI.WAS/07.2022 tanggal 21 Juli 2022 perihal penghentian sementara perdagangan (suspensi) saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), maka dengan ini diumumkan bahwa suspensi atas perdagangan saham PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali," tulis BEI dalam pengumumannya.