Potret Menko Airlangga berjalan berdampingan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Infrastruktur

Sempat Ditolak Warga, Begini Progres PSN di Jawa Tengah

  • Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo buka sura terkait beberapa proyek Strategis Nasional (PSN) di Jawa Tengah yang sempat mendapat penolakan dari warga. Namun ia mengatakan semua penolakan sudah diselesaikan.

Infrastruktur

Debrinata Rizky

JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melaporkan progres beberapa pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sempat mendapat penolakan dari warga.

Ganjar menyebut, semua penolakan yang diterima Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sudah dapat diselesaikan. Beberapa proyek yang mendapat penolakan ialah proyek pabrik Semen di rembang, PLTU Batang hingga Proyek Bendungan Bener.

“Ya sejak saya jadi gubernur, ada penolakan untuk proyek semen. Alhamdulillah sampai hari ini selesai. Lalu, ada PLTU Batang mungkin sudah tidak terdengar lagi tapi proyeknya selesai. Maka saya minta sekarang tugas perusahaannya untuk berkomunikasi dengan warga,” ujar Ganjar di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin, 17 Juli 2023.

Untuk proyek Bendungan Bener, Ganjar mengklaim bahwa saat ini pengukuran lahan sudah mencapai 100%. Namun dengan catatan pada saat pengukuran di awal itu sebagian yang belum setuju itu tidak ikut menyaksikan.

Ganjar juga mengatakan bahwa pemerintah provinsi sudah melakukan pendekatan kepada warga pemilik lahan atau masyarakat sekitar proyek. Beberapa warga, meminta sebelum proyek selesai agar jalan di daerah setempat diperbaiki, lalu ibu-ibu diberi pelatihan UMKM, dan anak-anak diberi fasilitas yang baik.

Progres PSN di Jawa Tengah

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri yang sudah digenangi air sejak 2021 dan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora juga sudah digenangi air.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No 21 Tahun 2022 terdapat 14 Proyek Strategis Nasional di Jawa Tengah yang dikerjakan Kementerian PUPR, terdiri dari 6 bendungan, 1 jaringan irigasi, 4 jalan tol, 2 Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan infrastruktur dasar pendukung Kawasan Indutri Terpadu (KIT) Batang.

Selain itu ada tiga bendungan PSN lainnya di Jawa Tengah saat ini sedang dalam tahap pekerjaan konstruksi, yakni Bendungan Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo, dan Bendungan Jragung di Kabupaten Semarang, serta 1 bendungan tahap persiapan, yakni Bendungan Karangnongko di Kabupaten Blora. 

Ketiga bendungan yang telah masuk tahap konstruksi ditargetkan selesai pada 2024. Sementara untuk Bendungan Karangnongko baru mulai dilakukan pekerjaan fisik pada 2023 dan diharapkan selesai 2026.

Infrastruktur PSN di Jawa Tengah yang sudah selesai lainnya adalah SPAM Semarang Barat yang memiliki manfaat untuk meningkatkan layanan air minum sebesar 70.000 sambungan rumah (SR) dengan kapasitas 1.000 liter per detik.

Sumber air baku SPAM Semarang Barat berasal dari Bendungan Jatibarang yang disalurkan melalui jaringan perpipaan air baku sepanjang 2.500 mter dan jaringan perpipaan distribusi (utama dan pembagi) sepanjang 53.500 meter.

Lebih lanjut,  selain tiga bendungan on going, di Jawa Tengah juga tengah diselesaikan 6 infrastruktur PSN dalam tahap konstruksi, yakni Jaringan Irigasi untuk Daerah Irigasi Glapan dengan target selesai 2024, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) Kulon Progo, Jalan Tol Semarang-Demak, SPAM Wasusokas (Wonogiri, Surakarta, Sukoharjo dan Karanganyar), dan dukungan infrastruktur KIT Batang berupa pekerjaan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

Secara nasional hingga Juli 2023, Kementerian PUPR telah menyelesaikan 34 infrastruktur PSN meliputi 21 bendungan, 9 jalan tol, 3 SPAM, dan 1 sektor pendidikan.

Saat ini tengah dikerjakan 71 PSN meliputi bidang Sumber Daya Air sebanyak 26 bendungan, 8 jaringan irigasi, 1 tanggul pantai, 1 penyediaan air baku; bidang Bina Marga sebanyak 29 jalan tol; bidang Cipta Karya sebanyak 2 SPAM dan Jakarta Sewerage System; bidang Perumahan sebanyak 2 PSN, dan dukungan Kawasan KIT Batang.