<p>Foto: spaceX</p>

Sempat Tertunda, Dragon SpaceX Lepas Landas Kirim Empat Kru ke ISS

  • KENNEDY-Misi berawak SpaceX “Resilience” Crew Dragon yang membawa empat astronot ke stasiun ruang angkasa internasional atau ISS berhasil diluncurkan pada Minggu 15 November 2020 waktu Amerika. Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA mengatakan misi SpaceX Crew-1 tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 19.27  waktu setempat (Senin waktu Indonesia). Setelah lepas landas, […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

KENNEDY-Misi berawak SpaceX “Resilience” Crew Dragon yang membawa empat astronot ke stasiun ruang angkasa internasional atau ISS berhasil diluncurkan pada Minggu 15 November 2020 waktu Amerika.

Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA mengatakan misi SpaceX Crew-1 tersebut diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada pukul 19.27  waktu setempat (Senin waktu Indonesia).

Setelah lepas landas, sembilan menit kemudian, tahap pertama roket berhasil mendarat di kapal drone SpaceX “Just Read the Instructions” yang ada di Samudra Atlantik.

Misi SpaceX Crew-1 membawa astronot AS Mike Hopkins, Victor Glover dan Shannon Walker dan Soichi Noguchi dari Jepang. Mereka akan tinggal selama enam bulan di ISS.

Menurut Kepala NASA Jim Bridenstine, tahap pertama roket Falcon 9 akan digunakan kembali untuk misi SpaceX Crew-2 yang diharapkan akan diluncurkan pada Maret 2021.

Peluncuran misi SpaceX Crew-1 awalnya dijadwalkan pada Sabtu malam tetapi ditunda karena angin kencang. Kondisi laut yang buruk menjadi masalah bagi peluncuran, karena menghalangi kapal drone yang menjadi tempat pendaratan tahap pertama roket Falcon 9.

SpaceX  mengatakan Dragon menjadi satu-satunya pesawat ruang angkasa yang ada saat ini yang mampu mengembalikan sejumlah besar kargo ke Bumi dan bisa digunakan kembali. Dalam keadaan darurat, ia mampu memastikan keselamatan para astronot di dalamnya.