Sempat Tren Saat Pandemi, Clubhouse Berencana Akan Comeback
Gaya Hidup

Sempat Tren Saat Pandemi, Clubhouse Berencana Akan Comeback

  • Simak beberapa fitur baru yang disediakan oleh Clubhouse. Tertarik menggunakannya?
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Clubhouse, sebuah aplikasi yang menarik perhatian banyak orang selama pandemi. Clubhouse sendiri adalah suatu aplikasi media sosial yang berformat suara dengan pengguna yang dibatasi.

Setelah kemunculan Clubhouse, tidak lama kemudian Twitter juga memunculkan fitur serupa dengan Clubhouse, yaitu Spaces. Kini, Clubhouse tampaknya ingin comeback dengan memberikan fitur baru di aplikasinya. 

Dalam postingan blog Clubhouse, aplikasi tersebut mengumumkan beberapa fitur dan rencana ke depannya. Berikut penjelasannya.

Fitur Baru dari Clubhouse

Fitur baru dari Clubhouse adalah obrolan atau chat. Chat adalah obrolan grup suara saja tapi hanya dengan orang-orang tertentu seperti teman atau pengikut Anda. 

Menurut Clubhouse, Chat jauh lebih cepat dari teks sehingga grup Anda dapat berbagi lebih banyak dan memiliki lebih banyak warna dan cerita, dan lebih banyak hal yang tidak direkam sehingga pengguna tidak akan pernah menghabiskan waktu untuk mengetiknya.

Selain itu, Chat juga ditranskripsikan secara otomatis dan diterjemahkan ke dalam bahasa yang Anda gunakan sehingga Anda dapat membacanya saat bepergian dan bahkan berbicara dengan teman-teman Anda yang berbicara dengan bahasa yang berbeda. Saat Anda memulai suatu obrolan, Anda juga dapat mengaturnya menjadi ‘Friends Only’ atau ‘Friends-of-Friends’.

Pembaruan baru ini menurut Clubhouse adalah evolusi besar yang dirancang untuk memungkinkan pengguna berbicara dengan orang-orang favorit Anda dengan lebih mudah setiap kali membuka aplikasi.

Selain itu, dengan Chat maka Anda dapat melakukan push untuk berbicara, mengetuk untuk melewati, menggeser ke Chat berikutnya dan mengobrol secara pribadi. Dengan Chat, Anda dapat mendengar teman Anda tertawa, merasakan saat pengguna lain tampak lelah atau sakit, atau tersenyum saat semangat.

Meski begitu, Clubhouse menyatakan bahwa format aslinya yang lama tidak akan hilang. Pengguna tetap bisa memiliki ruang untuk live dan ruangan tersebut akan terus menjadi bagian utama Clubhouse seperti biasanya.

Itu tadi beberapa fitur baru yang disediakan oleh Clubhouse. Tertarik menggunakannya?