vespa world days 2020.jpeg
Nasional

Sempat Vakum 2 Tahun, Vespa World Days 2020 Akhirnya Digelar ITDC di Bali

  • Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) terpilih menjadi penyelenggara Vespa World Days (VWD) 2022 di Bali.
Nasional
Nadia Amila

Nadia Amila

Author

JAKARTA - Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) terpilih menjadi penyelenggara Vespa World Days (VWD) 2022 di Bali.

Acara yang telah tertunda selama dua tahun akibat pandemi COVID-19 tersebut telah berlangsung sejak 9 sampai 12 Juni 2022. Terakhir kali diselenggarakan di Zanka, Hongaria pada tahun 2022.

Dilansir dari laman Vespa World Days Indonesia pada 10 Juni 2022, Acara yang pertama kali dimulai pada tahun 1954 ini menyediakan harga tiket yang dimulai dari harga Rp250.000 untuk light entry, Rp1 juta untuk full entry dan honourable senilai Rp3,5 juta.

Berikut beberapa fakta terkait Event Vespa World Days (VWD) 2022 yang dirangkum TrenAsia.com:

Diselenggarakan pertama kali di luar benua Eropa

Acara VWD ini merupakan pertemuan tahunan Club Vespa yang berlangsung setiap tahun, yang bermula dari tahun 1954 hingga 2007, namun terhenti pada 1970. Sebelumnya acara ini digelar di benua Eropa, di antaranya pada tahun 2018 pada Belfast, Irlandia Utara dan tahun ini digelar pertama kali di Indonesia, sekaligus pertama kali di luar benua Eropa. 

Diikuti 27 Negara

Acara yang bertujuan untuk bertemunya keluarga besar Vespa Club ini diikuti diikuti oleh 8.600 peserta, baik dari Indonesia maupun peserta dari mancanegara. Dari 8.600 peserta tersebut berasal dari 27 Negara, dimana 500 peserta berasal dari luar negeri.

Pameran Vespa Langka

Dalam acara ini terdapat pameran koleksi vespa langka yang memiliki sejarah yang lekat dengan Indonesia. selain terdapat pameran, terdapat juga acara lelang vespa yang akan didonasikan oleh Vespa Club Indonesia.

Lokasi Surfing Terbaik Di Dunia

Lokasi acara VWD 2022 ini digelar di Pulau Peninsula Nusa Dua, Bali. Peninsula terletak di kawasan ITDC Nusa Dua yang merupakan pusat watersport dan tempat surfing terbaik di dunia atau World's 20 Best Surf Towns, untuk serunya menunggangi ombak.

Budaya Bali

Selain tempat berkumpulnya pecinta vespa dan terdapat museum vespa langka, dalam rundown acara yang tengah berlangsung ini menampilkan kebudayaan Indonesia yaitu tari kecak, Reog Ponorogo, dan Barong Bali.

Seperti diketahui, ITDC sendiri merupakan salah satu BUMN yang fokus menggarap bisnis kawasan pariwisata di Indonesia. Selain mengoperasikan kawasan The Nusa Dua di Bali, perusahaan juga mengelola The Mandalika di Nusa Tenggara Barat.

Untuk The Mandalika, ITDC dijadwalkan menggelar beragam ajang olahraga internasional seperti Fanatec GT World Challenge Asia 2022 pada 21-23 Oktober 2022 dan FIM MOTUL Superbike World Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022, setelah sebelumnya menggelar Moto GP 2022 seri kedua pada 20 Maret 2022 lalu.