Sebagai bagian dari rangkaian perayaan 140 tahun di Indonesia, HSBC menggandeng seniman Arnis Muhammad untuk membuat mural di kantor HSBC di World Trade Center Indonesia.
Perbankan

Seni Mural Menjadi Penanda 140 Tahun Perjalanan Bank HSBC di Indonesia

  • Arnis menciptakan karya seni mural yang menggambarkan perjalanan panjang HSBC di Indonesia. Mural ini dipajang di kantor cabang HSBC Indonesia di World Trade Centre.
Perbankan
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) merayakan 140 tahun kehadirannya di Indonesia dengan memperkuat posisinya sebagai bank internasional dengan jaringan global terbesar dan menghadirkan seni mural sebagai penanda atas perjalanannya yang sudah melebihi 100 abad.

Sebagai bagian dari rangkaian perayaan 140 tahun di Indonesia, HSBC menggandeng seniman mural Arnis Muhammad. 

Arnis menciptakan karya seni mural yang menggambarkan perjalanan panjang HSBC di Indonesia. Mural ini dipajang di kantor cabang HSBC Indonesia di World Trade Centre.

Arnis Muhammad, seniman muda berbakat asal Aceh, mengusung ciri khas Ikan Lungkee dalam muralnya. Karya ini menggambarkan perjalanan dan kontribusi HSBC di pasar perbankan Indonesia sejak berdiri pada tahun 1884. Melalui ragam tiga era, mural ini menceritakan perjalanan bisnis HSBC dari masa ke masa.

Mural tersebut menunjukkan transisi dari warna hitam putih ke warna-warni, yang melambangkan transformasi layanan HSBC sebagai bank internasional. 

Ini menggambarkan bagaimana HSBC konsisten mendukung ekonomi Indonesia dan berevolusi seiring perubahan zaman. Arnis menggabungkan elemen alam Indonesia dan pola tradisional Batik Mega Mendung, menciptakan perpaduan cantik antara unsur lokal dan futuristik. 

Hal ini menggambarkan sejarah panjang HSBC di Indonesia, mulai dari mendukung perdagangan gula hingga pertumbuhan bisnis masa depan yang didukung inovasi digital.

Baca Juga: HSBC Sediakan Fasilitas Premium di Plaza Indonesia, Ini Layanan yang Diberikan

Francois de Maricourt, Presiden Direktur HSBC Indonesia, menyatakan, tonggak sejarah HSBC berawal dari pembiayaan perdagangan gula di Batavia tahun 1884. 

“Kini, kami berkembang menjadi bank dengan jaringan global yang besar di Indonesia, melayani kebutuhan nasabah korporasi hingga individu. Indonesia merupakan pasar penting karena menguasai 36% ASEAN dan merupakan ekonomi terbesar ke-16 di dunia. Potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia, mulai dari ekosistem kendaraan listrik hingga ekonomi digital, menarik bagi investor global. HSBC berkomitmen mendukung aktivitas perdagangan dan investasi menuju Indonesia,” kata Francois dalam acara seremoni 140 tahun HSBC Indonesia di World Trade Center Indonesia Jakarta, Rabu, 31 Juli 2024.

Ke depannya, HSBC menargetkan pertumbuhan optimal dengan mengandalkan keahlian dalam konektivitas global dan inovasi digital. 

Dengan jaringan di lebih dari 60 negara yang mencakup lebih dari 90% perdagangan global, HSBC fokus memfasilitasi investasi asing ke Indonesia serta menghubungkan perusahaan lokal ke pasar global.

Promo dalam Rangka HUT ke-140

HSBC merayakan HUT ke-140 dengan berbagi kegembiraan kepada nasabah melalui berbagai promo menarik. Beberapa promo spesial HSBC antara lain cashback hingga Rp24,5 juta bagi pemilik baru kartu kredit HSBC Premier dan cashback hingga Rp7,3 juta bagi kartu kredit HSBC lainnya dengan syarat bertransaksi di Plaza Indonesia.

Nasabah juga bisa menikmati diskon kuliner hingga 50% di berbagai jaringan hotel terkemuka seperti Four Seasons, Mandarin Oriental, Le Meridien, Pullman, dan Shangri-La. 

HSBC juga memberikan diskon hingga 12% di Agoda dan cicilan 12 bulan di Traveloka dan Tiket.com untuk memanjakan liburan nasabah.

Ada juga cashback hingga Rp 1,5 juta dan cicilan 0% hingga 12 bulan untuk mendukung gaya hidup berbelanja nasabah di berbagai ritel digital dan marketplace, mulai dari digimap, ibox, samsung, Shopee, Tokopedia, dan lainnya.

Berbagai promo spesial ini merupakan bentuk apresiasi HSBC Indonesia yang berfokus memberikan pelayanan dan pengalaman berbeda bagi nasabah terkait kebutuhan gaya hidup, edukasi internasional, dan pengelolaan kekayaan (wealth management).