Alternatif Twitter, Bluesky Kini Meluncurkan Aplikasinya di Android
Tekno

Seolah Langkahi Threads, Bluesky Undang Jurnalis Lakukan Verifikasi Diri

  • Bluesky dikabarkan sedang mengundang para jurnalis dengan penawaran dan peluang unik untuk melakukan verifikasi diri.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Bluesky dikabarkan sedang mengundang para jurnalis dengan penawaran dan peluang unik untuk melakukan verifikasi diri, sementara itu Threads milik Meta masih ragu-ragu dalam menampilkan berita di platformnya.

Platform media sosial Bluesky yang didukung oleh Jack Dorsey dan memiliki basis pengguna sebanyak 1,5 juta orang diketahui telah memberikan undangan kepada jurnalis dan organisasi berita. Undangan ini memungkinkan para jurnalis dan organisasi berita melakukan verifikasi diri dengan menetapkan situs web mereka sebagai nama pengguna atau username.

Langkah yang dilakukan oleh Bluesky ini terjadi ketika Threads milik Meta memutuskan untuk tidak menampilkan berita di platformnya. Sedangkan Bluesky sendiri dinilai telah tumbuh dengan pesat, menarik individu dengan beragam minat mulai dari politik, olahraga, dan hiburan.

Meski platform Bluesky masih dalam tahap perkembangan awal, ambisinya jelas yaitu menjangkau 10 juta pengguna. Bluesky kini menyediakan alat atau tools bagi organisasi untuk mengelola verifikasi bagi para jurnalis mereka, misalnya ruang redaksi memberikan verifikasi jurnalis terafiliasinya melalui subdomain tertentu seperti @nama.newsroom.com.

Peluang Bagi Jurnalis dan Developer di Bluesky

Peluang bagi jurnalis dan developer di Bluesky

Bagi jurnalis dan freelancer tanpa afiliasi formal, Bluesky menawarkan opsi untuk menetapkan situs web mereka sebagai nama pengguna atau username. 

Bluesky mendorong pengguna agar dapat terlibat secara aktif dengan platform dengan memposting dan berinteraksi dengan komunitas secara dinamis. Partisipasi aktif inilah kucin untuk mendapatkan visibilitas dalam ekosistem Bluesky yang sedang berkembang ini.

Tidak hanya bagi jurnalis, developer atau pengembang juga memiliki peran penting dalam visi Bluesky. Platform ini bertujuan untuk menciptakan pasar feed yang terbuka, memungkinkan eksperimen dan publikasi algoritma yang dapat diakses oleh semua orang.

Seperti yang dilansir Trenasia dari HT Tech pada Senin, 16 Oktober 2023, baru-baru ini Bluesky mendapatkan US#8 juta dalam putaran pendanaan awal dengan Neo, sebuah perusahaan berbasis komunitas. Suntikan modal ini merupakan tanda positif dari prospek pertumbuhan dan pengembangan dari platform.

Di sisi lain, CEO Meta Mark Zuckerberg juga telah mengumumkan pembaruan yang diklaim lebih ramah pengguna untuk platform Threads, di mana pengguna bisa memiliki akses ke tombol edit yang memungkinkan pengguna membuat perubahan pada postingan mereka dalam waktu lima menit setelah dipublikasikan secara gratis. Sebelumnya, pengguna harus menghapus dan memposting ulang konten mereka untuk memperbaiki kesalahan pada postingan.

Tampaknya, undangan atau tawaran Bluesky kepada jurnalis dan organisasi berita untuk melakukan verifikasi diri di platformnya dapat menghadirkan peluang baru dan menarik bagi profesional media yang mencari cara alternatif untuk berinteraksi dengan audiens. Seiring dengan berkembangnya platform Bluesky, platform ini dengan cepat menjadi alternatif bagi mereka yang mencari jalan inovatif di dunia media digital yang selalu berubah.