Ilustrasi aplikasi blu by BCA Digital.
Industri

Sepanjang 2022, blu by BCA Digital Luncurkan 15 Fitur untuk Perkuat Layanan bagi Nasabah

  • Duardi menyampaikan, blu dikembangkan sebagai sebuah platform bank as a service (BaaS). Dengan demikian, blu tidak hanya berfungsi sebagai platform pembayaran digital untuk berbagai macam transaksi semata, tapi juga bisa untuk membuka rekening, transfer, top up e-money, dan transaksi lainnya dari platform mitra tanpa perlu berpindah aplikasi.
Industri
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - Sepanjang tahun 2022, platform blu dari PT Bank Digital BCA meluncurkan 15 fitur baru untuk memperkuat layanan bagi nasabah.

Hal tersebut disampaikan oleh Head of Marketing Communication Bank Digital BCA Duardi Prihandiko di perayaan BCA Expoversary 2023 di ICE BSD Tangerang, Jumat, 24 Februari 2023.

Duardi menyampaikan, blu dikembangkan sebagai sebuah platform bank as a service (BaaS). Dengan demikian, blu tidak hanya berfungsi sebagai platform pembayaran digital untuk berbagai macam transaksi semata, tapi juga bisa untuk membuka rekening, transfer, top up e-money, dan transaksi lainnya dari platform mitra tanpa perlu berpindah aplikasi.

Duardi mengatakan bahw fitur bluVirtual Card adalah fitur terbesar yang diluncurkan pada tahun 2022. bluVirtual Card ini sendiri dihadirkan dalam rangka memenuhi permintaan dari para nasabah blu.

Sebagaimana diketahui, blu berdiri sebagai suatu platform bank digital seluru layanannya dapat diakses secara digital melalui smartphone.

Akan tetapi, rupanya banyak nasabah yang meminta fitur kartu debit karena kebutuhannya yang masih cukup tinggi.

"Ternyata, setelah (blu) di-launching, permintaan dari user kami, mereka masih sangat membutuhkan kartu debit. Setelah melihat permintaan tersebut, kita mewujudkan apa kata nasabah," kata Duardi.

Kemudian, fitur yang termasuk kategori major dan diluncurkan pada 2022 adalah blUndian, yaitu sistem pemberian poin kepada nasabah yang nantinya poin-poin tersebut bisa digunakan untuk memperoleh kesempatan meraih hadiah melalui undian.

Kemudian, blu juga pada tahun 2022 menyertakan fitur pembukaan rekening tanpa video call sehingga pengguna bisa mendaftarkan diri sebagai nasabah dalam waktu yang cenderung lebih singkat.

"Tadinya pembukaan rekening harus melalui customer service. Tapi, selama datanya (calon nasabah) memenuhi syarat secara internal, maka kami tetapkan mereka bisa membuka rekening tanpa video call," kata Duardi.

Walaupun tanpa melakukan video call untuk membuka rekening, Duardi menegaskan bahwa pihaknya sangat memperhatikan aspek know your customer (KYC).

Ditambah lagi, dengan banyaknya aksi penipun di ekosistem digital, BCA Digital pun selalu mencermati keaslian data dari para pengguna platform blu.

Selain ketiga fitur yang disebutkan di atas, fitur blu lainnya yang dirilis pada 2022 di antara lain bluGift, bluSaving, BI-Fast, Pre-login Paget, Dashboard Revamp & Insight Menu.

Kemudian, nofitikasi bluSound, Tracker Revamp, transfer ke beberapa rekening, Add New Payment, pengiriman pesan langsung ke haloblu, Peek Balance, dan QRIS Shortcut.

Dalam kesempatan yang sama, Duardi pun menyampaikan bahwa pihaknya berusaha menciptakan ekosistem perbankan yang terintegrasi dengan platform-platform lain.

Ekosistem yang dinamai blUnion ini dikatakan Duardi dapat memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk mengakses layanan perbankan BCA Digital melalui platform mitra yang sudah terintegrasi dengan blu.

Tidak hanya untuk urusan pembayaran, pengguna bahkan bisa menggunakan layanan perbankan lainnya seperti membuka rekening, transfer, dan sebagainya melalui platform mitra tanpa berpindah aplikasi.

"Saat ini, kami sudah berhasil mengintegrasikan blu dengan mitra dari beragam industri seperti Blibli, Telkomsel Redi, CGV, MRT Jakarta, serta dua kampus yaitu Binus University dan ITHB Bandung. Ke depannya, kami akan terus memperluas akses financial service kami. Sektor investment dan payment menjadi langkah kami selanjutnya," kata Duardi.

Duardi pun menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2022, lima transaksi terbesar yang dilakukan nasabah blu adalah transfer, setor tunai tanpa kartu, top up e-money, tarik tunai tanpa kartu, dan QRIS.

Kemudian, meskipun blu belum merilis fitur pinjaman langsung (direct loan), namun platform dari anak usaha PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) tersebut sudah menyalurkan kredit lebih dari Rp3,2 triliun melalui pembiayaan untuk segmen korporasi yang diikuti oleh joint financing dan channeling.