<p>Surrey Nanosystems</p>

Seperti Menatap Ruang Kosong, BMW Ciptakan Mobil Terhitam di Dunia

  • BMW membuat langkah unik dengan menciptakan mobil paling hitam di dunia yang dibangun dalam kemitraan dengan Surrey Nano Systems and Levitation 29. Mobil, yang dilapisi cat Vantablack VBx2 buatan Surrey Nano Systems tersebut dipamerkan di Frankfurt Motor Show September 2019 ini dan bertepatan dengan pengungkapan mobil, generasi ketiga dari BMW X6 Sports Utility Coupé. Mobil […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

BMW membuat langkah unik dengan menciptakan mobil paling hitam di dunia yang dibangun dalam kemitraan dengan Surrey Nano Systems and Levitation 29.

Mobil, yang dilapisi cat Vantablack VBx2 buatan Surrey Nano Systems tersebut dipamerkan di Frankfurt Motor Show September 2019 ini dan bertepatan dengan pengungkapan mobil, generasi ketiga dari BMW X6 Sports Utility Coupé. Mobil ini yang mendapatkan cat spesial tersebut.

Surrey Nanosystems

Menurut Levitation 29, agensi kreatif yang berkolaborasi dengan Surrey Nano Systems dan BMW mengatakan lapisan Vantablack ini menyerap lebih dari 99% cahaya tampak hingga nyaris tidak ada cahaya yang dipantulkan.

Levitation 29 juga mengklaim bahwa memandang mobil ini “akan ditafsirkan oleh otak seperti menatap ke dalam lubang atau bahkan kekosongan.”  Gelapnya lapisan permukaan menyebabkan mata manusia melihat fitur-fitur yang kurang jelas dari mobil dan justru membuatnya tampak dua dimensi.

Surrey Nanosystems

Warna super gelap ini juga menyebabkan X6 “kehilangan” bagian-bagian dari desain body yang biasa terlihat seperti gril Iconic Glow yang ikonik.

Proyek  sejak konsep hingga selesai membutuhkan waktu 10 bulan. “Mobil Vantablack pertama tentu saja merupakan tanda besar dalam kotak proyek impian dan membuka jalan bagi konsep berskala lebih besar – seperti stadion!” kata Direktur Levitasi 29 Benjamin Males sebagaimana dilaporkan Business Insider.

“Untuk menciptakan efek kegelapan tak terbatas pada skala itu akan benar-benar spektakuler.”