<p>Stand kuliner di pusat perbelanjaaan Pluit Village nampak sepi karena masa PPKM Darurat tidak melayani makan di tempat. Sabtu 3 Juli 2021. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia</p>
Industri

Serba-serbi Layanan Pesan Antar Makanan: Ini Menu, Jam, dan Harga Favorit Pelanggan GrabFood

  • Bisnis layanan pesan-antar makanan kian mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Buktinya, pertumbuhan dan nilai transaksinya terus tumbuh dan mencapai Rp47,03 triliun pada 2020.
Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Bisnis layanan pesan-antar makanan kian mendapatkan tempat di hati konsumen Indonesia. Buktinya, pertumbuhan dan nilai transaksinya terus tumbuh dan mencapai Rp47,03 triliun pada 2020.

Tentu saja, jumlah penduduk yang banyak membuat potensi bisnis layanan pesan-antar masih sangat terbuka lebar bagi pelaku usaha kuliner yang ingin merambah bisnis di platform digital.  Berdasarkan The Grab Next: Laporan Tren F&B Indonesia 2020/2021, pelaku usaha kuliner perlu memahami perilaku konsumen dengan baik.

Dengan begitu, pelaku usaha bisa menyiapkan strategi matang untuk mengambil hati banyak pelanggan. Berikut ini hasil analisis GrabFood terkait perilaku konsumen layanan pesan-antar yang bisa dicermati:

1. Sarapan

Siapa sangka, sarapan menjadi waktu makan dengan pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Pesanan sarapan di GrabFood mencapai puncaknya antara pukul 9 sampai 10 pagi.

Rata-rata, anggaran konsumen berkisar antara Rp25.000 sampai Rp27.000 untuk sekali sarapan. Asal tahu saja, kopi dan teh menjadi minuman pembuka yang paling laris. Di mana terjadi pertumbuhan pemesanan sebesar 20% pada 2020 untuk kopi dan teh di pagi hari.

“Pembatasan membuat lebih banyak orang Indonesia memesan makanan untuk sarapan, mereka memilih makanan yang cepat disiapkan dan mudah dimakan,” tulis Grab dalam laporannya.

Adapun menu makanan yang paling banyak dipesan ketika sarapan antara lain bubur ayam, perkedel, brownies, sate usus, mie ayam, bakwan, soto ayam, dan tempe.

Untuk itu, Grab menyarankan agar pelaku usaha mempertimbangkan untuk buka sebelum jam 9 pagi untuk memenuhi permintaan sarapan yang terus meningkat. Kemudian, membuat menu sarapan tetap sederhana dengan pilihan cepat dan bebas repot.

Serta mempertimbangkan untuk menawarkan setidaknya 1 paket yang terdiri dari menu utama + minuman (teh atau kopi).

2. Makan Siang

Secara umum, nilai pesanan belanja saat makan siang tumbuh sebesar 20%, dengan konsumen yang mencari lebih banyak pilihan dan hemat secara biaya. Warga Indonesia tercatat menghabiskan rata-rata Rp34.000 sampai Rp36.000 untuk makan siang.

“Karena sibuk, banyak orang Indonesia memilih kenyamanan pengiriman makanan saat makan siang.”

Pesanan makan siang di GrabFood mencapai puncaknya antara pukul 11 sampai 12 siang pada 2020. Untuk makan siang, orang Indonesia lebih suka menu nasi dengan ayam.

Pada 2020, orang Indonesia memesan lebih dari 42 juta hidangan berbahan dasar ayam saat makan siang. Adapun makanan yang paling banyak dipesan untuk makan siang di GrabFood antara lain mie goreng pedas, ayam geprek, perkedel, nasi rendang, nasi ayam bakar, ayam goreng, udang rambutan, dan siomay.

Sementara minuman favorinya adalah kopi susu, kopi susu gula aren, es teh, teh susu coklat hazelnut, dan jus jeruk. 

Untuk itu, Grab menyarankan, pelaku usaha untuk menghadirkan paket makan siang kisaran Rp34.000–Rp36.000. kemudian, menawarkan minuman untuk menemani paket makan siang, serta membuat makanan mudah yang mudah dinikmati dan dibersihkan.

3. Makan Malam

Fakta uniknya, makan malam adalah makanan di kala santai yang mana konsumen cenderung mau menghabiskan lebih banyak uang. Di antara tiga waktu makanan, konsumen lebih banyak menghabiskan uangnya untuk makan malam.

Rata-rata, anggaran konsumen untuk makan malam adalah Rp37.000–Rp39.000. Pesanan makan malam di GrabFood mencapai puncaknya antara pukul 18:00–19:00 pada 2020.

Selain itu, makan malam biasanya dinikmati bersama-sama dengan rata-rata 4-5 orang. Hanya 1 dari 10 yang memesan makan malam untuk dirinya sendiri.

Orang Indonesia memesan lebih banyak menu untuk makan malam, dengan lauk favorit seperti sate ayam, lontong, dan udang goreng. Bahkan, rata-rata, ada 4 pesanan sate ayam yang dibuat setiap menitnya selama jam makan malam sepanjang 2020.

Sementara, menu yang paling banyak dipesan untuk makan malam di GrabFood antara lain mie goreng pedas, nasi goreng ayam, sate ayam, nasi goreng, lontong, udang rambutan, ayam goreng pedas, dan ayam geprek. Untuk minuman favoritnya adalah es teh, es jeruk, dan kopi susu. 

Melihat perilaku konsumen tersebut, Grab menyarankan untuk membuat paket makan malam keluarga. Pada waktu makan malam, konsumen lebih ingin mencoba makanan yang berbeda saat makan malam, sehingga ini waktu yang tepat untuk menawarkan menu baru.