Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka (Reuters/Kim Kyung-Hoon)
Nasional

Serba-Serbi Persiapan Pelantikan Presiden-Wapres 2024

  • Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Nasional

Distika Safara Setianda

JAKARTA – Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, akan dilaksanakan pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Ketua MPR Ahmad Muzani menyatakan proses persiapan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih per Senin, 14 Oktober mencapai tahap 90% rampung.

Muzani mengatakan, penyelenggaraan pelantikan akan mengikuti prosesi protokoler yang sama seperti acara serupa sebelumnya. Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada pukul 10.00 WIB. Pelantikan ini juga akan disiarkan langsung melalui kanal YouTube resmi MPR RI.

Agenda utamanya meliputi pembukaan, pembacaan Surat Keputusan KPU, prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, pembacaan berita acara, pidato presiden yang baru, dan penutupan.

Terkait dengan pelantikan presiden dan wakil presiden besok, yuk kita intip persiapan-persiapannya!

MPR Gladi Kotor Pelantikan Presiden

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengungkapkan, pihaknya akan mengadakan acara geladi kotor pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada Jumat, 18Oktober 2024, diikuti dengan geladi bersih pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Ia menambahkan, MPR RI telah melakukan berbagai persiapan untuk mendekorasi acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Acara Hiburan Pesta Rakyat

Kapolres Jakarta Utara Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, saat pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu nanti, akan ada 13 panggung pesta rakyat di sepanjang ruas jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

“Ada 13 panggung sepanjang ruas Sudirman-Thamrin. Ada yang nantinya melaksanakannya kegiatannya pagi ada kegiatan-kegiatannya mulai pukul 10.00 ada yang kegiatan pukul 14.00. Itu semuanya ada waktunya,” katanya pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Pihaknya akan mengamankan 7 kawasan pada hari pelantikan, termasuk area sekitar Monumen Nasional (Monas) dan Gedung DPR RI. Selain itu, polisi juga akan mengamankan 12 halte MRT dan tujuh stasiun.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyampaikan, Car Free Day (CFD) di sekitar Bundaran HI akan dibatalkan karena bertepatan dengan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Latif menyatakan, karena jalan Sudirman-Thamrin hingga Istana Presiden menuju Gedung DPR RI akan dilalui Presiden Jokowi, tamu negara, dan tamu VVIP menuju lokasi pelantikan, pengendara lain akan terganggu.

Istana Kepresidenan Gelar Gladi Kotor

Istana Kepresidenan mengadakan geladi kotor untuk rangkaian acara pisah sambut Presiden. Geladi dilakukan pada Rabu pagi, 16 Oktober 2024.

Istana Kepresidenan mengadakan geladi kotor untuk penyambutan tamu negara pada acara gala dinner yang akan berlangsung pada malam hari, 20 Oktober 2024. Geladi ini dilaksanakan di sekitar kawasan Istana Kepresidenan Jakarta dan melibatkan jajaran protokoler serta Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Pada Selasa, 15 Oktober 2024, Istana menggelar geladi kotor untuk acara pisah sambut presiden. Rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran akan dimulai dengan pelantikan di Gedung MPR-DPR Senayan, yang kemudian dilanjutkan dengan acara pisah sambut di halaman Istana Merdeka.

Istana juga melakukan berbagai persiapan, termasuk pembersihan, pemasangan tegel, dan pengecatan ulang menjelang 20 Oktober 2024. Mobil jenis Alphard dengan pelat nomor 1 JKW juga terlihat di lokasi.

Akan Ada 36 Kepala Negara yang Hadir

Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan, 36 kepala negara akan hadir dalam acara pelantikan Presiden Prabowo Subianto, yang dijadwalkan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024. Dia mengatakan para tamu undangan tersebut berasal dari negara-negara sahabat.

100 Ribu Prajurit Amankan Pelantikan Presiden

Sebanyak 100 ribu prajurit TNI dari tiga matra akan dikerahkan untuk mengamankan pelantikan presiden dan wakil presiden yang akan berlangsung pada Minggu, 20 Oktober 2024. Markas Besar TNI telah mengadakan apel gelar pasukan sebagai bagian dari persiapan di Silang Monas pada Jumat, 18 Oktober 2024.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Kita melaksanakan apel kesiapan dalam rangka pelaksanaan pengamanan pelantikan Presiden. Jumlah personel dari TNI sebanyak 100 ribu,” ujar Agus.

Pihaknya selalu berkoordinasi dengan kepolisian untuk memastikan kelancaran acara selama proses pelantikan. Mengenai potensi ancaman siber saat pelantikan, hal tersebut juga akan terus dipantau oleh TNI. Agus menambahkan, dalam kegiatan pengamanan pelantikan ini, pihaknya juga akan menerjunkan pasukan sniper serta menggunakan senjata anti-drone.

“Semua kita kerahkan untuk pengamanan khususnya VVIP untuk ring 1 dari Paspampres lengkap dengan sniper dan antidrone dan ring 2, 3 pasukan TNI dan kepolisian,” ujarnya.

14 Kendaraan Taktis Siaga di Kompleks Parlemen

14 kendaraan taktis telah bersiaga di halaman kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis. Kendaraan taktis tersebut terdiri dari 10 unit Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier (APC) dan 4 unit Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV).

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto menyampaikan melalui kontak di Jakarta pada Selasa, 15 Oktober 2024, pihaknya mengerahkan pasukan dari ketiga matra, yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara, untuk operasi pengamanan acara pelantikan Prabowo-Gibran.

Kapuspen menjelaskan, setiap satuan TNI yang dikerahkan akan melaksanakan tugas-tugas khusus. “Setiap satuan akan memiliki peran tertentu seperti pengawasan, patroli, dan pengamanan VVIP/VIP untuk menjaga keamanan selama pelantikan berlangsung,” kata Hariyanto.

Korlantas Siapkan 1.300 Aparat

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyiapkan 1.300 personel untuk mengamankan rute perjalanan saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu ini.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyampaikan, ribuan personel akan dibagi menjadi empat klaster sesuai rute perjalanan yang akan dilalui oleh Presiden, Wakil Presiden, dan tamu kenegaraan lainnya.

Klaster rute perjalanan pertama yaitu rute Prabowo dan Gibran yang akan berangkat dari kediaman mereka menuju Gedung DPR/MPR. Klaster kedua adalah rute perjalanan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dari Istana Negara menuju Gedung DPR/MPR.

Sementara, dua klaster terakhir adalah rute perjalanan VVIP, termasuk perwakilan tamu kenegaraan yang datang dari Bandara Soekarno-Hatta maupun Halim Perdana Kusuma.

Ia menambahkan, akan ada pengalihan arus lalu lintas saat rombongan Presiden dan tamu VVIP lainnya melintas, baik menuju maupun dari Gedung DPR/MPR.

Polri Siagakan 15.000 Personel Pengamanan Pengambilan Sumpah Presiden

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan 15 ribu personel untuk Operasi Mantap Brata 2024 dalam rangka pengamanan tahap pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Kapolri sudah mengecek kesiapan apel pengamanan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI,” kata Asisten Kapolri bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo, Minggu, 13 Oktober 2024.

TNI AU Siapkan Pesawat Intai untuk Patroli di Wilayah Udara Jakarta

TNI Angkatan Udara (AU) menyiapkan satu pesawat intai Boeing 737 dari Skadron Udara 5 Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin untuk melakukan patroli di wilayah udara Jakarta selama operasi pengamanan VVIP (very very important person) untuk pelantikan presiden dan wakil presiden.

Pesawat yang diberi nama “Camar Emas” dengan nomor registrasi AI-7303 telah terparkir di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Kamis, 17 Oktober 2024, saat apel gelar pasukan dan alutsista TNI AU untuk operasi pengamanan VVIP acara pelantikan tersebut.

Mercedes-Benz Serahkan 60 Unit S-Class untuk Pelantikan

Pabrikan otomotif Mercedes menyerahkan 60 unit mobil Mercedes Benz S-Class untuk digunakan sebagai kendaraan resmi selama pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Sebelumnya, ramai di media sosial dengan foto jajaran mobil Mercedes Benz S-Class yang diparkir di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Terdapat rumor puluhan mobil mewah tersebut akan digunakan oleh menteri kabinet Prabowo-Gibran.

Namun, Mensesneg Pratikno menjelaskan jajaran mobil mewah di GBK itu disiapkan untuk tamu pelantikan Prabowo-Gibran pada 20 Oktober mendatang.

“Mobil tersebut untuk transportasi penerimaan tamu negara VVIP dan VIP, bukan untuk menteri-menteri,” kata Pratikno, Senin, 14 Oktober 2024.

Jakarta Pusat Hijaukan Taman Hingga Cat Trotoar

Pemerintah Kota Jakarta Pusat menghijaukan taman dan mengecat ulang trotoar sebagai persiapan menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden yang dijadwalkan Minggu besok.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, hanya menambal yang kurang, misalnya jika ada taman yang berwarna cokelat, maka dihijaukan. Selain itu, trotoar yang sebelumnya mulai tampak kusam akan dicat ulang.

Fokus persiapan pelantikan di Jakarta Pusat mencakup taman-taman, jalur lalu lintas, serta penginapan untuk tamu negara yang terletak di Jalan Sudirman-Thamrin, gedung DPR-MPR, dan Istana Negara.