<p>Pemudik bersiap menaiki bus antar kota antar provinsi yang siap dibersngkatkan dari terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Serbu! DAMRI Buka Tiket Mudik Lebaran Berkapasitas di Tiap Wilayah PPKM

  • Presiden Joko Widodo telah memperbolehkan mudik lebaran 2022 dengan syarat sudah mendapatkan vaksin dua kali dan satu kali booster. Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Nasional
Desi Kurnia Damayanti

Desi Kurnia Damayanti

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memperbolehkan mudik lebaran 2022 dengan syarat sudah mendapatkan vaksin dua kali dan satu kali booster. Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

Demi menyambut hari kemenangan umat muslim, berbagai persiapan telah dilakukan oleh para penyelenggara moda transportasi. DAMRI menjadi salah satu angkutan darat yang telah melakukan persiapan mudik lebaran 1443 H. Salah satu kegiatannya adalah Rampcheck yang telah dilakukan oleh Pool DAMRI, Pool Bogor, Pool Kerangkeng, Pool Pupar, dan Pool Tipar.

Siti Inda Suri selaku Plt. Corporate Secretary DAMRI mengatakan bahwa DAMRI siap menyelenggarakan layanan Angkutan Hari Raya Idul Fitri (AHRI) dengan berpedoman pada Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 11 Tahun 2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2022.

Secara resmi DAMRI telah membuka tiket perjalanan selama mudik lebaran di mana tiketnya sudah bisa dipesan melalui aplikasi Damri Apps dan situs resmi tiket damri.co.id.

Adapun batas penjualan seat yang disediakan DAMRI yakni pada wilayah PPKM level 1 dan 2 sebanyak 100%, sedangkan untuk wilayan PPKM level 3 dan 4 sebanyak 70%. 

Jumlah trip yang akan dijalankan oleh DAMRI pada H-10 jelang Lebaran hingga H+10 Lebaran adalah 8.715 perjalanan dengan prediksi pelanggan kurang lebih sebanyak 200.000 orang di luar pelanggan regular.

Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang berada di Indonesia Timur dan Kalimantan Utara, pemesanan tiket dapat dipesan melalui loket keberangkatan. Hal ini dikarenakan pemesanan melalui online masih sulit dilakukan karena sinyal ditempat tersebut kurang memadai. Meskipun demikian, DAMRI tetap memproses pencatatannya secara digital.

Adapun armada yang tersedia pada mudik lebaran tahun ini yakni sebanyak 460, “DAMRI akan mengerahkan 460 armada bus yang telah melalui serangkaian proses rampcheck yang dialokasikan untuk mudik lebaran,” ujar Siti inda. 

"Kami pastikan persiapan sarana dan prasarana akan memadai, sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh pelanggan DAMRI,” tambah Siti Inda

Selain itu, DAMRI mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan melakukan perjalanan agar mengatur waktu perjalanan sebaik-baiknya dengan melakukan reservasi tiket online melalui Aplikasi DAMRI Apps.