<p>Tak hanya Music, fitur Reels kini bisa dicoba oleh pengguna Instagram di Indonesia/Instagram.com</p>
Tekno

Sering Bagikan Terlalu Banyak Reels? Fitur Baru Instagram Ini Bisa Berdampak pada Akun Anda!

  • Jika Anda terlalu banyak membagikan Reels, orang yang terganggu dengan postingan Anda juga bisa menggunakan mode diam ini.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Hampir semua orang yang memiliki smartphone tentu memiliki aplikasi media sosial terinstal di ponselnya termasuk Instagram. 

Media sosial seperti Instagram meman membuat ketagihan banyak orang, tapi juga menyebalkan pada saat yang sama apalagi jika Anda memiliki banyak teman yang berbagi meme dan Reels secara terus menerus.

Bahkan jika Anda sudah berhenti mengikuti seseorang, pesan dan teks mereka masih dapat menjangkau Anda dan itu adalah sesuatu yang tampak merepotkan. 

Oleh karena itu, Instagram hadir dengan fitur baru yang akan memberikan kedamaian tanpa kerepotan untuk berhenti berteman atau memblokir akun Instagram seseorang, yaitu dengan menggunakan Mode Diam atau Quiet Mode.

Itu artinya, jika Anda terlalu banyak membagikan Reels, orang yang terganggu dengan postingan Anda juga bisa menggunakan mode diam ini.

Quiet Mode atau mode diam memudahkan pengguna Instagram untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dunia Instagram. Setelah diaktifkan dari Pengaturan, teman dan pengikut Anda akan melihat tag di bawah profil Anda bahwa Anda sedang membutuhkan ruang sendiri.

Selain itu, Instagram juga akan melindungi Anda dari notifikasi pesan mereka yang artinya siapapun yang mengirimi Anda pesan atau Reels tidak akan mengganggu Anda hingga Anda memilih untuk mengakhiri Quiet Mode ini.

Mode diam ini sudah tersedia di bawah Pengaturan Pemberitahuan atau Notification Settings dan dapat diaktifkan secara manual. Anda dapat mengatur interval waktu tertentu untuk mengaktifkan mode diam, setelah itu akan mulai menampilkan DM dan memposting pemberitahuan seperti biasa.

Pengguna yang mengirimi Anda pesan akan diberi tahu bahwa Anda sedang mengaktifkan Quiet Mode. 

Mode diam ini awalnya akan tersedia di Amerika Serikat, United Kingdom, Irlandia, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Akan tetapi, negara lain akan segera mendapatkannya. 

Intinya, Quiet Mode dari Instagram ini mirip seperti mode DND Focus di iOS 16 yang melakukan hal serupa untuk pengguna iMessage.

Selain itu, Instagram juga menambahkan fitur untuk memblokir postingan dan Reels yang direkomendasikan di bagian Explore. Preferensi ini juga akan berlaku di Reels, Explore, dan DM.