<p>Ilustrasi manfaat membersihkan kaca jendela/freepik.com</p>
Gaya Hidup

Sering Dianggap Remeh, Rutin Membersihkan Kaca Jendela Justru Punya Banyak Manfaat

  • Meski sering dianggap remeh, rutin membersihkan kaca jendela justru punya banyak manfaat

Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA – Membersihkan rumah tentu merupakan kegiatan sehari-hari yang sering Anda kerjakan. Tetapi membersihkan kaca jendela sepertinya sering dianggap remeh dan tidak menjadi perhatian utama.

Padahal membersihkan kaca jendela sehingga menjadi bersih justru mempunyai banyak manfaat, baik dari segi kesehatan, interior dan keuangan Anda. Berikut penjelasan manfaat membersihkan kaca jendela secara rutin, yang telah dikutip dari Roohome.

Mencegah Kaca dari Kerusakan
Tahukah Anda bahwa hujan asam, air sadah, dan bahkan debu yang menumpuk dapat merusak jendela Anda? Masalah ini tentu saja membuat kaca jadi terlihat buruk. Tak hanya itu, kotoran dan debu tersebut juga ikut masuk ke pori-pori kaca. Dari dalam panel, kotoran tersebut akan mencemari dan menimbulkan korosi panel, pertama kali muncul seperti goresan atau retakan kecil. Seiring waktu, Anda membutuhkan penggantian penuh.

Membersihkan kaca jendela secara rutin akan memperpanjang masa pakai kaca, sehingga membuat Anda menjadi lebih hemat. Hal ini sangat penting terutama jika Anda tinggal di daerah berdebu, seperti dekat konstruksi besar atau jalan raya. Mempekerjakan profesional untuk membersihkan kaca memungkinkan Anda menghindari penggantian jendela lebih awal.

Meningkatkan Daya Tarik
Kaca jendela memberi informasi seputar kualitas dan kebersihan rumah Anda, apalagi saat dilihat dari tepi jalan. Membersihkan kaca jendela secara rutin membuat rumah Anda akan terlihat selalu baru, bersih dan lebih nyaman untuk ditinggali.

Meningkatkan Kualitas Udara
Kotoran yang menumpuk di kaca jendela dan kusen benar-benar memengaruhi kualitas udara Anda. Jika tidak sering dibersihkan, akan terjadi penumpukan kotoran, debu, serbu sari, jamur dan alergen lainnya.

Kotoran-kotoran tersebut akan membuat udara di dalam rumah menjadi pengap dan bahkan dapat memperburuk kondisi paru-paru dan masalah kesehatan lainnya.

Meningkatkan Efisiensi Pemanasan dari Matahari
Selama musim penghujan, memiliki jendela yang bersih penting untuk menjaga suhu rumah yang nyaman. Karena penumpukan kotoran di jendela Anda memantulkan sinar matahari, hal itu menghilangkan manfaat matahari untuk menjaga rumah Anda tetap hangat.

Membuat Anda Lebih Bahagia
Kaca jendela yang kotor menghalangi cahaya dan warna alami dari dunia di sekitar Anda. Hal ini dapat menyebabkan depresi dan tidak menimbulkan kebahagiaan.