Inilah Makna Rahasia dari 5 Tanaman Khas Imlek yang Kerap Digunakan untuk Dekorasi
Gaya Hidup

Sering Dijadikan Dekorasi, Inilah Makna Rahasia dari 5 Tanaman Khas Imlek

  • Tahun Baru Imlek akan jatuh pada 1 Februari 2022. Ini makna dari 5 tanaman khas Imlek yang kerap digunakan untuk dekorasi

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - Tahun Baru Imlek akan jatuh pada 1 Februari 2022. Seperti perayaan lainnya, masyarakat Tionghoa biasanya akan mendekorasi rumah untuk menyambut Tahun Baru China atau Imlek dengan menggunakan tanaman hias. Berikut beberapa tanaman khas Imlek beserta maknanya.

Lucky Bamboo

Lucky Bamboo/ Foto: Freepik.com

Lucky Bamboo atau Dracaena sanderiana merupakan tanaman yang memiliki bentuk batang berwarna hijau cerah. Tanaman khas Imlek ini dipercaya dapat membawa keberuntungan selama tahun baru dan seterusnya.

Ada lima elemen yang terdapat pada lucky bamboo yang disebut membawa keberuntungan yaitu elemen tanah dari batu yang mengelilingi batang, elemen logam dari dekorasi koin, aksen berwarna emas, elemen air yang digunakan untuk menumbuhkan tanaman, dan elemen api dari pita merah. Tanaman ini juga sangat mudah dirawat, hanya cukup disiram air setiap minggu dan pastikan akarnya tetap tertutup.

Pohon Uang

Pohon Uang/ Foto: Instagram.com/casajungla.co

Tanaman pohon uang atau Pachira aquatica dianggap sebagai simbol kesuksesan finansial. Tanaman ini juga indah untuk hiasan di rumah atau di kantor Anda. Anda hanya perlu menempatkan tanaman ini pada daerah yang mendapat cahaya terang secara tidak langsung.

Anggrek

Anggrek/ Foto: Anggrek

Salah satu tanaman khas Tahun Baru Imlek yang paling populer adalah anggrek karena tanaman ini melambangkan kesuburan dan kelimpahan di tahun mendatang. Anggrek juga bisa ditanam di pot sehingga bisa digunakan untuk hiasan di rumah Anda.

Tanaman Giok

Tanaman Giok/ Foto: Instagram.com/isagreensoares

Tanaman dengan nama ilmiah Crassula ovata ini memiliki makna dapat membawa kekayaan dan keberuntungan selama Tahun Baru Imlek. Tanaman rumah sukulen ini juga mudah dirawat dan menyukai sinar matahari penuh. 

Anthurium

Anthurium/ Foto: Freepik.com

Tanaman dengan nama ilmiah Bromeliaceae ini sering dijadikan sebagai tanaman keberuntungan untuk Tahun Baru Imlek. Tanaman ini merupakan bagian dari keluarga tanaman yang sama dengan tanaman nanas dan dianggap melambangkan keberuntungan. Untuk merawatnya, Anda harus membiarkan tanahnya relatif kering untuk menghindari pembusukan akar.

Itu tadi beberapa tanaman khas Imlek atau Tahun Baru China yang memiliki makna tersendiri.