Meditasi
Gaya Hidup

Sering Dikaitkan, Apa Perbedaan Meditasi dan Mindfulness?

  • Meski sama-sama mencoba untuk menjadikan kita lebih sadar diri dalam hidup, dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Ketika tengah mencari topik mengenai meditasi Anda mungkin akan mendapat banyak referensi mengenai mindfulness, begitupun sebaliknya.

Dua istilah ini kerap dikaitkan satu sama lain. Meski sama-sama mencoba untuk menjadikan kita lebih sadar  diri dalam hidup, dua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda. Lalu, apa perbedaan meditasi dan mindfulness?

Mindfulness

Melansir dari laman Very Well Mind, Kamis, 1 Juni 2023, mindfulness adalah kondisi mental di mana Anda memfokuskan kesadaran Anda pada saat ini.

Ketika Anda mindful, Anda dapat mengenali emosi Anda, tetapi Anda tidak bersikap kritis atau membuat diri Anda stres.

Mindfulnes artinya hidup di masa sekarang. Anda tidak memikirkan masa lalu seperti kejadian ke tempat kerja hingga masa  depan seperti rencana pindah kota yang perlu Anda siapkan keperluannya.

Meditasi

Sedangkan meditasi menurut Cleveland Clinic, seperti dikutip TrenAsia pada Senin (29/5/2023) adalah praktik yang melibatkan pemfokusan atau penjernihan pikiran menggunakan kombinasi teknik mental dan fisik.

Meditasi juga bisa disebut sebagai alat yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan latihan kewaspadaan karena meditasi dapat membantu Anda berkonsentrasi pada kesadaran dan membantu Anda mencapai keseimbangan emosional.

Baca juga: Cepat Atasi Overthinking, Cobalah 5 Menit Meditasi 

Di zaman yang serba cepat dan serba sibuk ini, mungkin akan terlihat sulit bagi Anda untuk menerapkan mindfulness ke dalam kehidupan sehari-hari. Namun, dengan latihan yang rutin, Anda dapat mulai melakukannya dan merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat!