Mesin Cuci
Rumah & Keluarga

Sering Disepelekan, Begini Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Benar Agar Tidak Boros

  • Simak cara membersihkan mesin cuci dengan benar untuk membantu menurunkan biaya perbaikan yang perlu Anda keluarkan.
Rumah & Keluarga
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mesin cuci adalah salah satu perangkat elektronik yang membantu aktivitas Anda sehari-hari. Dengan memiliki atau menggunakan mesin cuci, Anda tidak perlu lagi harus melakukan aktivitas mencuci baju dengan sulit.

Akan tetapi, ternyata membersihkan mesin cuci adalah tugas penting yang harus dilakukan secara teratur. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menjaga efisiensinya serta memperpanjang masa pakainya. Dengan merawat mesin cuci secara tepat, Anda tidak akan boros karena harus melakukan servis mesin cuci yang sebetulnya tidak perlu dilakukan.

Oleh karena itu, simak panduan membersihkan mesin cuci dengan benar berikut ini untuk membantu menurunkan biaya perbaikan yang perlu Anda keluarkan.

Cara Tepat Membersihkan Mesin Cuci

Cara tepat membersihkan mesin cuci

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan untuk membersihkan perangkat mesin cuci Anda.

1. Bersihkan Bagian dalam Drum dan Segel Pintu

Nyalakan dan putar mesin cuci dengan muatan kosong, sebelumnya berikan secangkir cuka putih sebagai pengganti detergen untuk membantu membersihkan dan menghilangkan bau mesin. Setelah siklus perputaran di mesin cuci selesai, seka bagian dalam drum dan segel pintu mesin cuci menggunakan kain bersih. Pastikan untuk menghilangkan kotoran atau jamur yang mungkin menumpuk.

2. Bersihkan Bagian Luar Mesin

Setelah itu, bersihkan bagian luar mesin dengan kain yang lembap dan detergen yang ringan. Beri perhatian khusus pada panel kontrol dan area lainnya di mesin cuci yang mungkin terdapat kotoran.

3. Bersihkan Laci Dispenser

Cek bagian laci dispenser, tempat deterjen dan pelembut pakaian disalurkan selama siklus pencucian. Keluarkan dan cuci bersih laci tersebut dengan air sabun yang hangat. Bilas dan biarkan mengering sebelum Anda memasukkannya ke dalam mesin.

4. Periksa Selang Mesin Cuci

Periksa selang yang mengalirkan air ke mesin cuci. Cari apakah ada selang yang kusut atau retak dan pastikan semuanya terhubung dengan aman ke mesin cuci dan suplai air.

5. Bersihkan Saringan 

Tahap terakhir yaitu bersihkan filter serat jika mesin cuci Anda memilikinya. Filter ini biasanya terletak di bagian belakang mesin atau di pintu. Keluarkan filter tersebut lalu cuci dengan air sabun hangat dan biarkan filter mengering sebelum memasangnya kembali.

Itu tadi cara membersihkan mesin cuci dengan benar. Membersihkan mesin cuci secara teratur tidak hanya akan membuat mesin cuci bekerja lebih efisien, tapi juga akan memperpanjang masa pakainya. Ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas setiap 3-6 bulan atau sesuai kebutuhan.

Selain itu, penting juga untuk dicatat bahwa Anda harus selalu berkonsultasi atau mencari penjelasan terlebih dahulu dengan manual mesin cuci sebelum mencoba melakukan pembersihan atau perawatan apapun. Hal ini karena model mesin cuci yang berbeda mungkin memiliki instruksi atau rekomendasi metode khusus.

Dengan membersihkan, merawat, dan memelihara mesin cuci secara teratur, Anda akan membantu mesin cuci bisa bekerja dengan lancar dan efisien selama bertahun-tahun yang akan datang. Itu artinya Anda akan lebih menghemat biaya tidak terduga sehingga uang tersebut tidak perlu lagi digunakan untuk servis mesin cuci.