Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin didampingi Wakil Direktur Utama APL Noer Indradjaja (tengah) melakukan check in di Central Park Mall dengan scan QR Code melalui aplikasi PeduliLindungi. Minggu 22 Agustus 2021 Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Sering Gagal Scan QR dan Tidak Bisa Check In? Ini Dia Cara Atasi Error pada PeduliLindungi

  • PeduliLindungi merupakan aplikasi yang kini banyak digunakan sebagai syarat untuk masuk ke suatu tempat seperti mal, perkantoran, dan sebagainya. Namun, ada kendala yang dialami oleh banyak orang saat menggunakan PeduliLindungi termasuk error, sering gagal scan QR dan tidak bisa check in.

Gaya Hidup

Justina Nur Landhiani

JAKARTA - PeduliLindungi merupakan aplikasi yang kini banyak digunakan sebagai syarat untuk masuk ke suatu tempat seperti mal, perkantoran, dan sebagainya. Namun, ada kendala yang dialami oleh banyak orang saat menggunakan PeduliLindungi termasuk error, sering gagal scan QR dan tidak bisa check in.

PeduliLindungi sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk mencegah dan menghentikan penularan COVID-19. Aplikasi ini mengandalkan kepedulian serta partisipasi masyarakat untuk saling jaga sehingga dapat meminimalisir risiko penyebaran COVID-19.

Dengan menggunakan PeduliLindungi, Anda bisa melakukan scan QR untuk check in atau check out serta sebagai dokumen perjalanan. Semua dokumen perjalanan Anda akan terkumpul menjadi satu melalui aplikasi PeduliLindungi untuk memudahkan pengguna.

Namun, seringkali aplikasi PeduliLindungi jadi error dan membuat pengguna kesulitan untuk scan QR dan tidak bisa check in atau check out. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut ini.

Cek Koneksi Internet

Jika Anda gagal untuk scan QR atau gagal check in PeduliLindungi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memeriksa koneksi internet Anda. Bisa saja hal ini terjadi karena koneksi internet kurang stabil. Oleh karena itu, cobalah untuk memastikan koneksi internet kemudian coba lagi melakukan scan QR dan check in. Anda juga bisa meminta koneksi WiFi pada tempat yang sedang Anda kunjungi.

Menutup Aplikasi yang Masih Berjalan di Background Ponsel

Aplikasi PeduliLindungi bisa error jika ada banyak aplikasi yang masih berjalan di background ponsel. Oleh karena itu, cobalah untuk menutup aplikasi yang masih running tersebut kemudian kembali mencoba scan barcode dan check in ulang.

Nyalakan GPS Sebelum Tiba di Lokasi

Kendala tidak bisa check in PeduliLindungi bisa disebabkan karena Anda baru menyalakan GPS di lokasi tujuan. Seharusnya, Anda harus menyalakan GPS di ponsel sejak di jalan atau berangkat dari rumah dan hindari menyalakan GPS saat baru saja berada di lokasi. Jika Anda terlanjur tiba di lokasi dan lupa untuk menyalakan GPS cobalah untuk matikan fitur GPS lalu  nyalakan ulang. 

Perbarui dan Log In Aplikasi secara Berkala

Bisa saja ponsel Anda gagal check in dan scan QR di PeduliLindungi karena anda jarang menggunakan aplikasi tersebut. Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk log in dan log out kembali aplikasi PeduliLindungi secara berkala agar tetap responsif. Anda juga harus memperbarui aplikasi secara berkala agar tidak terjadi kendala saat harus check in di lokasi tertentu.