Photo by Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/photo/bearded-man-fixing-motorcycle-in-workshop-3822843/
Gaya Hidup

Sering Jadi Area Paling Kotor, Praktikan 5 Tips Perawatan Kamar Mandi

  • Kamar mandi adalah area rumah yang selalu digunakan oleh anggota keluarga untuk membersihkan diri dan buang air, inilah mengapa kamar mandi menjadi salah satu area rumah yang cukup kotor. Tanpa langkah perawatan dan pencegahan yang tepat, kamar mandi bisa menjadi tempat utama kontaminasi. Membersihkan dan mengamankan potensi bahaya kamar mandi secara teratur dapat membuat keluarga Anda lebih sehat dan lebih nyaman beraktivitas.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kamar mandi adalah area rumah yang selalu digunakan oleh anggota keluarga untuk membersihkan diri dan buang air, inilah mengapa kamar mandi menjadi salah satu area rumah yang cukup kotor.

Tanpa langkah perawatan dan pencegahan yang tepat, kamar mandi bisa menjadi tempat utama kontaminasi. Membersihkan dan mengamankan potensi bahaya kamar mandi secara teratur dapat membuat keluarga Anda lebih sehat dan lebih nyaman beraktivitas.

Tips berikut dapat Anda praktikan untuk merawat kamar mandi Anda:

1. Pastikan Anda memiliki toilet yang bersih

Anda harus memiliki rutinitas tetap pembersihkan kamar mandi secara menyeluruh termasuk juga sanitasi toilet. Jika memungkinkan, Anda juga dapat memperbarui toilet dengan model yang lebih baru dan efisien.

2. Singkirkan produk yang sudah kadaluwarsa

Periksa tanggal kadaluwarsa produk-produk di kamar mandi Anda secara rutin untuk memastikan obat Anda mutakhir dan aman digunakan. Simpan semua obat dengan aman dan pastikan jauh dari jangkauan anak-anak. Jika perlu, gunakan tutup pengaman tambahan untuk anak-anak sebagai antisipasi jika mereka berhasil memegang botol.

3. Pastikan karpet dan keset memiliki anti selip di bawahnya

Terpeleset  di kamar mandi bisa berakibat fatal sehingga penting untuk menggunakan karpet dan keset dengan anti selip dibawahnya untuk mengurangi potensi bahaya ini. Jika memungkinkan Anda juga dapat memasang pegangan tangan di dekat bak mandi dan toilet untuk membantu keluarga Anda ketika membutuhkan bantuan ekstra saat beraktivitas di kamar mandi.

4. Periksa dinding secara berkala

Periksalah dinding kamar mandi Anda dan pastikan tidak ada retakan dan dempul yang yang tidak terpasang dengan sempurna. Jamur sering tumbuh di retakan dan dempul yang gagal menempel dengan sempurna. Jadi perbaiki tembok dan dempul ulang jika memang memungkinkan.

5. Dehumidifikasi udara

Jamur dapat tumbuh subur di lingkungan yang lembab. Jika kamar mandi Anda memiliki ventilasi udara yang baik maka, Anda sudah melakukan langkah yang benar, namun jika belum, Anda dapat menambahkan kipas angin atau beli humidifier untuk kamar mandi.

Berikut tadi adalah tips mengenai perawatan kamar mandi agar Anda dapat menggunakan kamar mandi dengan lebih aman, nyaman dan sehat. Semoga tips tadi bermanfaat untuk Anda.